Friday, 7 November 2014

EKONOMI DAN ARAH INTEGRASI AMERIKA LATIN


Arah perdagangan Amerika Selatan akan mengalami perubahan yang cukup signifikan. Para Menlu dari Mercosur dan Aliansi Pasifik mengadakan rapat di Cartagena (Kolombia) pada hari Sabtu lalu (tanggal 1 November 2014), dan mereka menyetujui adanya sebuah zona ekonomi baru antara Petrocaribe, ALBA, Mercosur, dan Caricom seperti yang disampaikan oleh Menlu Venezuela, Rafael Ramirez. Informasi tersebut disampaikannya setelah mengikuti rapat tersebut dan menyatakan bahwa hasil rapat tersebut sangat baik untuk terus mengintegrasikan Amerika Latin.
Menlu Venezuela menyatakan bahwa kehadirannya dalam rapat tersebut untuk mendengar berbagai rencana pembangunan di Amerika Latin. Dia juga menyatakan bahwa Venezuela sudah terlibat dengan aktif di berbagai organisasi seperti Unasur dan CELAC yang masih harus terus diperkuat kerjasamanya. Menurutnya organisasi-organisasi yang ada akan berkembang apabila ditemukan model yang ideal dan masyarakat bisa memanfaatkannya.
Ketika disinggung mengenai peran yang diperankan Venezuela tentang perdamaian di Kolombia, Ramirez menyatakan bahwa Venezuela menghormati Negara Kolombia. Karena itu Venezuela menerima petisi yang dibuat oleh perantara perundingan dan mendukung upaya perdamaian dan menghentikan aksi kekerasan. Dia menekankan juga bahwa kekerasan bukanlah jalan keluar yang dikehendaki oleh masyarakat.
Sumber berita: Ultimas Noticias

0 comments:

Post a Comment

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Sweet Tomatoes Printable Coupons