Thursday 6 October 2011

Brasil: UNIVERSITAS SAO PAULO BRASIL MERUPAKAN PUSAT PENDIDIKAN TINGGI TERBAIK DI AMERIKA LATIN


Universitas Sao Paulo (USP) Brasil menempati urutan paling atas sebagai pusat pendidikan terbaik di Amerika Latin, berdasarkan laporan yang dibuat oleh institusi QS yang berpusat di London. Kemudian diikuti oleh Universitas Katolik Kepausan Chile, Universitas Estatal de Campinas (Unicamp) di Brasil, Universitas de Chile (Chile) dan Universitas Nasional Autonoma de Mexico (UNAM), Universitas de Los Andes (Colombia), Tecnológico de Monterrey (Mexico), Universitas de Buenos Aires (Argentina), Universitas Nacional de Colombia, dan Universitas Federal de Minas Gerais (Brasil).

Rangking ini dibuat berdasarkan tujuh kualitas khusus untuk Amerika Latin antara lain: kualitas investigasi dalam universitas, kualitas pengajaran dan proporsi gelar (titel) yang dimiliki para dosen.

Dari 200 universitas teratas di Amerika Latin: Brasil merupakan negara terbaik di Amerika Latin dengan menempatkan 65 universitas dalam posisi 200 universitas terbaik; kemudian diikuti oleh Mexico dengan 35 pusat pendidikan; Argentina dan Chile dengan masing-masing 25 pusat pendidikan; Colombia dengan 21 pusat pendidikan; Peru dengan 6 pusat pendidikan; Venezuela dengan 5 pusat pendidikan; Uruguay dengan 4 pusat pendidikan; Costa Rica y Cuba dengan masing-masing 3 pusat pendidikan; Panama, Puerto Rico dan Paraguay masing-masing 1 pusat pendidikan.

Direktur portal topuniversities.com, Danny Byrne mengatakan, “Seperti kebanyakan negara yang sedang berkembang, pendidikan tinggi (universitas) berfungsi sebagai motor yang menolong Brasil untuk mengembangkan potensi pembangunan ekonominya. Daftar tersebut menunjukkan bahwa Brasil telah menekankan pentingnya investigasi dalam pusat pendidikan mereka”.

Berdasarkan laporan QS, hasil yang diperoleh oleh universitas di Brasil didorong oleh investasi publik dalam pendidikan di negara tersebut, di mana antara tahun 2000-2008 Brasil merupakan satu-satunya negara yang sedang berkembang yang melakukan investasi terbesar dalam dunia pendidikan.

Direktur investigasi QS, Ben Sowter, menyatakan bahwa dukungan pendidikan tinggi untuk pembangunan di Brasil merupakan hal yang sangat penting. Seperti yang dikatakan oleh Goldman Sachs, Brasil akan melampaui perkembangan ekonomi Canada, Prancis, Inggris dan Jerman dalam 20 tahun mendatang, juga karena dukungan dunia pendidikan tingginya.

Namun demikian, bila dilihat dari 200 universitas terbaik di dunia Universitas Sao Paulo menempati urutan 169 dan merupakan satu-satunya universitas yang masuk dalam 200 terbaik di dunia dari Amerika Latin.

Sumber:
http://www.diariolasamericas.com/noticia/128860/32/universidad-de-sao-paulo-es-elegida-como-el-mejor-centro-acad%C3%A9mico-de-am%C3%A9rica-latina
http://www.topuniversities.com/university-rankings/latin-american-university-rankings/2011

0 comments:

Post a Comment

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Sweet Tomatoes Printable Coupons