Wednesday 10 August 2011

Mexico: MASALAH LEGALISASI NARKOBA


Aksi untuk melegalisasikan narkoba tidak akan membawa kedamaian dan ketenangan bagi Mexico. Mexico lebih membutuhkan sebuah transformasi mendasar dalam bidang institusi-dan hukum, supaya mampu melemahkan kerja kelompok kriminal, kata seorang pegawai pemerintahan Mexico di blog internetnya.

Di blog internetnya, Sekretaris Teknik Dewan Keamananan Nasional, Alejandro Poiré mencoba untuk menolak mitos bahwa legalisasi penjualan narkoba adalah satu-satunya solusi efektif untuk mengurangi kejahatan di negara Mexico.

Juru bicara pemerintahan Presiden Felipe Calderón dalam bidang keamanan tersebut mengatakan bahwa, tema legalisasi adalah sebuah tema “yang kompleks dan membutuhkan sebuah refleksi mendalam”. Dia juga menekankan bahwa, hal tersebut “tidak bisa dilakukan secara terpisah dari negara lain”. Jika hal tersebut hanya terjadi di Mexico, “harga narkoba tidak akan turun dan itu akan memperbesar pendapatan organisasi-organisasi kejahatan yang beroperasi di negara kita”, katanya.

Dia juga mengingatkan bahwa hampir dua puluh tahun lebih, kejahatan terorganisir memperlebar kegiatan mereka di Mexico, dan sekarang mereka terlibat dalam penculikan, penyiksaan, perampokan dan pelacuran, diluar pekerjaan dasar mereka menjual narkoba. Situasi ini mewajibkan kita untuk memberikan solusi yang lebih mendalam, antara lain dengan memperkuat sistem intitusi-institusi keamanan dan keadilan di Mexico.

Sepanjang tahun 2010 saja sudah ada 12.455 orang yang meninggal karena kejahatan yang berkaitan dengan narkotrafik. Belum dihitung dengan kejahatan tahun 2011. Selama masa pemerintahan Presiden Felipe Calderón, yang dimulai sejak tahun 2006, jumlah korban yang sudah meninggal mencapai 40.000 orang. Menurut jubir tersebut, “Mengurangi angka kejahatan harus dimulai dengan melemahkan secara sistematis organisasi-organisasi kejahatan supaya mampu membatasi jaringan operasi dan logistik mereka”. Lebih lagi, pemerintah harus memiliki instrumen hukum yang kuat untuk melawan kejahatan, yang bekerja sama dengan institusi-institusi lokal, yang sudah siap untuk mengambil tanggunjawab secara efektif.

Poiré juga menyatakan bahwa ada kerjasama antara Mexico dan Amerika Serikat, setelah New York Times menginformasikan bahwa CIA, DEA dan beberapa organisasi lainnya bekerja sama di sebuah basis militer di utara Mexico dalam tugas untuk melawan narkotrafik. Demi keamanan, nama basis militer itu tidak diberitakan. Tetapi dia menekankan bahwa kerjasama internasional adalah sebuah cara mendasar supaya bisa menang melawan semua organisasi kejahatan transnasional.

0 comments:

Post a Comment

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Sweet Tomatoes Printable Coupons