Thursday 9 August 2012

FORUM "PARAGUAY MELAWAN" AKAN MELAKUKAN AKSI MELAWAN "KUDETA PARLEMEN"


Tanggal 8 Agustus kemarin, Forum “Paraguay Melawan”, yang beranggotakan masyarakat Paraguay dan Amerika Latin, sepakat untuk melakukan aksi perlawanan terhadap “kudeta” parlemen yang mencopot Fernando Lugo dari kursi kepresidenan. 


Forum itu menyatakan bahwa kegiatan bersama tersebut akan dilaksanakan pada tanggal 14 dan 15 Agustus nanti dengan tema Kedaulatan, Demokrasi dan Partisipasi. Aksi bersama tersebut akan dikemas dalam ruang publik di mana posisi politik dari semua pergerakan, organisasi, kelompok sosial, masyarakat nasional dan internasional yang menolak pemerintahan Paraguay sekarang menunjukkan posisi politik mereka. Dalam aksi tersebut mereka akan menyampaikan debat kritis tentang agenda pemerintahan sekarang yang mereka sadari sebagai yang paling buruk dalam agenda politik publik karena tidak menjamin hak-hak masyarakat Paraguay. 

Selain itu Forum “Paraguay Melawan” memiliki tujuan utama untuk melakukan koordinasi lebih lanjut akan aksi perlawanan secara damai dengan mengundang semua sektor dan intitusi untuk berpartisipasi dalam membangun demokrasi di Paraguay. Empat tema yang menjadi perhatian utama forum ini adalah: Inklusi Sosial, Keamanan dan Perlindungan Sosial, Kedaulatan dan Reformasi Agraria, Interkulturalitas dan HAM. Keempat tema ini akan dipertentangkan dengan aksi kriminalisasi atas perjuangan sosial masyarakat yang dibuat oleh pemerintahan sekarang. 

Hubungan internasional Paraguay sampai sekarang ini merupakan yang paling buruk dalam sejarah Paraguay karena proses demokrasi yang sudah berjalan dicegat oleh kudeta parlemen. Aksi kudeta parlemen ini mendapat tantangan kuat dari berbagai negara di Amerika Latin dan juga organisasi internasional. Hampir semua negara di Amerika Latin menggarisbawahi pentingnya mengembangkan demokrasi di setiap negara sebagai dasar utama dalam membangun hubungan internasional dalam semua organisasi internasional. Tidak mengherankan Paraguay dicabut keanggotaanya dari MERCOSUR dan UNASUR karena asas demokrasi di Paraguay tidak dihormati. Hampir semua Duta Besar negara-negara sahabat yang berada di Paraguay pergi dari Paraguay karena aksi kudeta parlemen yang menurunkan Fernando Lugo dari kursi kepresidenan walaupun masa jabatannya sebagai presiden belum berakhir. 


Forum “Paraguay Melawan” ini akan dihadiri oleh kaum intelektual terkenal dari Amerika Latin seperti Leonardo Boff, Daniel Viglietti, dan Eduardo Galeano

Sumber berita: http://www.argenpress.info/2012/08/foro-paraguay-resiste-coordinara.html

0 comments:

Post a Comment

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Sweet Tomatoes Printable Coupons