Tuesday 8 January 2013

BOLIVIA BERUSAHA MENJADI SALAH SATU NEGARA PENYELENGGARA PARIS DAKAR 2014


Keuntungan ekonomis dan kampanye pariwisata internasional yang diperoleh Peru, Chile dan Argentina karena menjadi negara penyelenggara Rally Paris Dakar menarik perhatian Negara Bolivia. Menteri Kepresidenan (El Ministro de la Presidencia), Juan Ramón Quintana dan Menteri Kebudayaan, Pablo Groux, bersama wakil dari Federasi Mobil Sport (FEBAD) Bolivia, datang ke Lima Peru untuk bertemu dengan wakil ASO (Amaury Sport Organisation) yang mengorganisir Rally Paris Dakar. Quintana menyatakan bahwa pada tanggal 21 Maret 2013 akan diperoleh hasil negosiasi tersebut. 


Untuk menjadi bagian dari negara penyelenggara Rally Paris Dakar 2014, Bolivia sangat memerlukan dukungan dari Peru, Chile dan Argentina serta menginvestasikan dana sebesar US$ 4 juta. Untuk menjadi penyelenggara, Bolivia sudah mendapat dukungan dari Peru dan Argentina. Dana sebesar US$ 4 juta digunakan sebagai dana operasi untuk keamanan, komunikasi dan transportasi untuk membawa mesin dan mobil para pereli. 

Walaupun uang sebanyak US$ 4 juta adalah besar bagi negara seperti Bolivia, namun iming-iming keuntungan yang diperoleh tidak menyurutkan kemauan Bolivia untuk berusaha menjadi bagian dari Rally Paris Dakar 2014. Keuntungan sebesar US$ 70 juta yang diperoleh Peru dan Argentina karena menjadi tuan rumah Paris Dakar menjadi motor utama keinginan Bolivia menjadi salah satu penyelenggara Rally Paris Dakar. Selain itu Rally Paris Dakar yang diikuti oleh lebih dari 60 negara di dunia juga menjadi ajang kampanye untuk memperkenalkan kebudayaan dan pariwisata Bolivia bagi dunia. 


Sementara pihak penyelenggara ASO menyatakan bahwa mereka akan melihat dulu secara resmi rute yang akan dijalankan di Bolivia. Setelah melihat rute tersebut mereka akan memberikan jawaban kepada Bolivia pada tanggal 21 Maret 2013, tentunya setelah berkonsultasi dengan pihak Peru, Chile dan Argentina. Sampai sekarang nampaknya ada sinyal positif dari pihak penyelenggara Rally Paris Dakar serta meminta supaya Bolivia mulai memperhatikan hal-hal yang perlu diperhatikan selama Rally Paris Dakar di ketiga negara penyelenggara yakni Peru, Chile dan Argentina. 

Rally Paris Dakar 2013 berlangsung dari Lima Peru kemudian akan menyelusuri Chile, lalu Argentina dan kembali ke Chile dalam sebuah perlombaan lebih dari 8.500 km. Rally Paris Dakar kali ini diikuti oleh 459 kendaraan: 155 mobil, 189 motor, 75 truk dan 40 motor roda empat dengan 14 etapa yang harus mereka lewati sebelum sampai final di Santiago Chile. Reli kali ini dinyatakan sebagai reli yang paling banyak diikuti karena peserta reli berasal dari 53 negara dan dengan kendaraan dan pengendara yang jauh lebih banyak sejak dimulainya Rally Paris Dakar tahun 1978.


0 comments:

Post a Comment

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Sweet Tomatoes Printable Coupons