Thursday 15 December 2016

MENLU VENEZUELA DITOLAK HADIR DALAM RAPAT MERCOSUR DI ARGENTINA

Pada tanggal 1 Desember 2016 Venezuela ditolak keanggoataannya dalam organisasi MERCOSUR karena tidak memenuhi beberapa kewajiban mendasar sebagai anggota misalnya masalah hak asasi manusia dan pembagian kekuasaan dalam pemerintahan di Venezuela berdasarkan statuta organisasi tersebut. Penolakan tersebut berbuntut pada pertemuan Rencana Kerja MERCOSUR tanggal 14 Desember 2016 di Argentina.


Argentina yang ditunjuk sebagai negara yang memimpin MERCOSUR secara temporal  memanggil negara-negara anggota, yakni Brasil, Paraguay dan Uruguay serta Bolivia (yang dalam proses untuk menjadi anggota penuh organisasi tersebut), untuk melaksanakan Rapat Kerja Tahunan MERCOSUR. Sementara Venezuela tidak diundang karena sudah tidak dianggap sebagai negara anggota lagi. 

Menlu Venezuela, Delcy Rodriguez, yang menolak keputusan tersebut bersih kukuh untuk datang menghadiri rapat tersebut, karena merasa masih sebagai anggota MERCOSUR. Kedatangannya ke rapat tersebut mendapat penolakan dari bagian keamanan rapat tersebut. Delcy melaporkan kekerasan yang dihadapinya oleh pihak kepolisian Argentina atas penolakan kehadirannya dalam rapat tersebut dan menyatakan bahwa ada kesepakatan terselubung dalam MERCOSUR yang membenci Venezuela.

Sementara Menlu Argentina Susana Malcorra,  setelah mengadakan pertemuan khusus dengan Menlu Venezuela Delcy Rodriguez bersama Menlu Bolivia Choquehuanca, menyatakan bahwa MERCOSUR tidak memiliki niat yang tidak baik akan keanggotaan Venezuela di organisasi tersebut. Mereka hanya mengharapkan supaya Venezuela memenuhi persyaratan-persyaratan yang telah disepakati dalam MERCOSUR. Malcora menyatakan bahwa negara-negara anggota MERCOSUR tidak bisa menikmati perlakuan istimewa sebagai anggota kalau tidak memenuhi kewajiban-kewajiban mereka sebagai anggota. 

Presiden Venezuela Nichola Maduro menyatakan bahwa penolakan MERCOSUR terhadap negaranya merupakan bagian dari konspirasi internasional yang dilakukan oleh negara-negara beraliran kanan di MERCOSUR yakni Argentina, Brasil dan Paraguay.

Sumber:
http://www.efe.com/efe/america/portada/cancilleres-de-venezuela-y-bolivia-llegan-a-argentina-por-reunion-mercosur/20000064-3124249
http://www.republica.com.uy/venezuela-convoco-para-hoy-a-una-reunion-del-mercosur/591918/
http://elmundo.com.bo/web2/index.php/noticias/index?id=argentina-asume-presidencia-del-mercosur-sin-venezuela

Benny Kalakoe

0 comments:

Post a Comment

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Sweet Tomatoes Printable Coupons