Monday, 2 March 2015

VENEZUELA PERINTAHKAN USA KURANGI STAF DIPLOMATNYA DI CARACAS


Sejak hari Senin kemarin (3 Maret 2015) Presiden Nicolaz Maduro, melalui Menlu Venezuela Delcy Rodriguez, memerintahkan Kedutaan Amerika Serikat di Caracas untuk mengurangi personal diplomatiknya menjadi hanya sebanyak 17 orang dalam 15 hari ke depan. Hal tersebut disampaikannya sebagai reaksi terhadap sanksi yang diberikan Washington kepada diplomat Venezuela di Amerika Serikat. Akhir tahun lalu Amerika Serikat menyatakan bahwa pemerintahan Obama tidak akan takut memberikan sanksi kepada diplomat Venezuela yang terlibat dalam berbagai aksi kekerasan dalam menindaki aksi protes mahasiswa di Venezuela. Jumlah diplomatik Venezuela di Amerika Serikat adalah 17 orang. Karena itu jumlah personil diplomat Amerika Serikat di Venezuela juga harus 17 orang. Berdasarkan data pemerintahan Venezuela, ada kurang lebih 100 orang staf diplomat Amerika Serikat di Venezuela.

Hari Sabtu lalu, Presiden Maduro menyatakan bahwa kalangan militer Venezuela telah menangkap beberapa orang Amerika Serikat dalam kegiatan mata-mata. Tetapi pernyataan tersebut tanpa dilanjutkan dengan bukti-bukti yang bisa dipercaya. Sementara kemarin Amerika Serikat menyatakan bahwa mereka cemas dengan situasi Venezuela yang semakin tidak menentu.

Sejak menjadi presiden Venezuela bulan April 2013 lalu, Nicolaz Maduro telah menuduh pihak oposisi sebagai yang bertanggungjawab dalam krisis ekonomi yang dihadapi oleh Venezuela sekarang ini. Maduro menuduh pihak oposisi telah melakukan “perang ekonomi” dengan bantuan Amerika Serikat untuk menghancurkan pemerintahannya. Amerika Serikat sendiri menolak tuduhan tersebut. Sementara pihak oposisi melihat aksi Maduro tersebut sebagai pengalihan masalah, supaya masyarakat percaya bahwa inflasi yang kuat dan kurangnya persediaan barang makanan di Venezuela merupakan aksi kaum oposisi dan Amerika Serikat.

Sumber: Americaeconomia


0 comments:

Post a Comment

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Sweet Tomatoes Printable Coupons