Tuesday, 3 March 2015

EKONOMI AMERIKA LATIN: BUTUH KERJASAMA PEMERINTAH DAN KORPORASI


Bulan Oktober 2014 lalu, Bank Dunia dan IMF melakukan pertemuan tahunan mereka di Lima Peru untuk melihat masalah perkembangan ekonomi yang dihadapi oleh negara-negara di Amerika Latin. Pertemuan tersebut dilaksanakan di Amerika Latin karena melihat potensi yang luar biasa dari kawasan ini untuk menghilangkan kemiskinan dan meningkatkan kesejahteraan bagi masyarakan di wilayah ini.

Walaupun ada perkembangan ekonomi dalam beberapa waktu belakangan ini mengalami penurunan, namun ada harapan bahwa Amerika Latin sedang berubah. IMF misalnya mengharapkan perkembangan ekononomi di Kolombia, Chile dan Peru akan berkembang dengan baik di tahun 2015 ini. Diharapkan beberapa perusahaan dari Amerika Latin bisa menunjukkan kiprah mereka di dunia internasional tahun ini.

Hal yang menarik adalah, perhatian dunia investasi memberikan perhatian yang lebih ke Amerika Latin. Dalam penelitian yang dilakukan oleh Bain Capital menunjukkan bahwa volume investasi di wilayah ini mengalami peningkatan sebesar dua kali lipat dalam lima tahun terakhir, dari US$ 169 juta tahun 2008 menjadi lebih dari US$ 2000 juta di akhir tahun 2013. Alasan utama peningkatan tersebut diyakini karena adanya kerjasama yang baik antara perusahaan dengan pemerintahan. Kenyataan menunjukkan bahwa pemerintah yang baik bisa menunjang kerja peerusahaan.

Namun demikian kinerja pemerintahan-korporatif di Amerika Latin masih memiliki catatan-catatan penting yang harus dibenahi. Di bidang pemerintahan misalnya harus memperjelas aturan hukum dengan perusahaan-perusahaan supaya praxis ekonomi dapat berjalan dengan baik. Badan-badan pemerintahan yang menangani perusahaan-perusahaan perlu memperbaiki kinerja mereka supaya bisa menunjang kinerja kerja perusahaan. Secara umum kinerja pemerintahan dalam bidang ekonomi di Amerika Latin dirasakan sangat terbatas oleh masyarakat, terutama di pasar-pasar tradisional dan perusahaan-perusahaan kecil dan menengah.

Karena itu Bank Dunia, dengan bantuan pemerintah Swiss, mencanangkan sebuah proyek dengan pemerintah Kolombia dan Peru, untuk mengatasi berbagai permasalahan ekonomi pemerintah-korporatif di wilayah mereka. Diharapkan kerjasama ini bisa mendeteksi kelemahan yang ada di kedua negara supaya bisa meningkatkan perkembangan dan aktivitas ekonomi di kedua negara.

Di pihak lain, untuk meningkatkan aktivitas ekonomi Amerika Latin di level mundial, perusahaan-perusahaan di wilayah ini perlu melakukan investasi awal yang besar di bidang instalasi, tim kerja dan infrastruktur. Investasi untuk berkiprah dalam kegiatan ekonomi dunia tidak sedikit, karena itu dibutuhkan investasi yang besar.

Disampaikan juga bahwa akses keuangan dunia berusaha menolong perkembangan usaha. Karena itu perlu kerjasama yang baik antara pemerintah dan perusahaan. Kerjasama yang baik antara pemerintah dan perusahaan akan membawa dampak perkembangan ekonomi dalam jangka panjang dan membantu perkembangan dan aktivitas ekonomi di wilayah ini. Masa depan Amerika Latin dalam bidang perekonomia sangat menjanjikan. Kerjasama yang baik antara pemerintah dan perusahaan yang memperhatikan kesejahteraan masyarakat menjadi dasar utama menuju perkembangan yang lebih baik di wilayah ini.

Sumber: Portafolio (Co)

0 comments:

Post a Comment

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Sweet Tomatoes Printable Coupons