Thursday, 5 February 2015

KRISIS MAKANAN DI VENEZUELA MULAI DIRASAKAN MASYARAKAT


Krisis ekonomi, terutama kekurangan bahan makanan, mulai dirasakan oleh masyarakat Venezuela. Krisis inflasi dan ketergantungan besar pada produk impor membuat masyarakat harus antri untuk mendapatkan barang yang mereka inginkan.

 Ketua Aliansi Nasional Pengguna Jasa dan Konsumen Venezuela (ANAUCO = Alianaza Nacional de Usuarios y Consumidores), Roberto Leon Parilli, mengatakan bahwa kekurangan barang terjadi di semua sektor di Venezuela. Dia menyatakan bahwa enam dari sepuluh orang Venezuela harus antri untuk membeli bahan makanan tanpa harus membedakan status sosial mereka. Bahkan dia menegaskan bahwa seorang bapak keluarga sudah mulai merasakan sulitnya mendapat barang makanan yang diperlukan untuk konsumsi keluarga mereka. Situasi ini menyebabkan antrian yang begitu panjang dan harga barang makanan yang lebih mahal daripada harga yang sesungguhnya. 

Lembaga konsumen ini juga melakukan penelitian langsung ke perusahaan-perusahaan di bidang produsen makanan di Venezuela bulan Januari 2015 lalu. Dan hasil penelitian mereka menunjukkan bahwa hasil produksi perusahaan swasta menurun 100%, sementara perusahaan pemerintah menurun hampir 50%. Banyak perusahaan yang mengalami kesulitan dalam hal suku cadang sehingga perusahaan mereka bakal gulung tikar dalam waktu yang tidak lama lagi.  

BSD, 5-2-15

0 comments:

Post a Comment

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Sweet Tomatoes Printable Coupons