Saturday, 3 January 2015

PERKEMBANGAN EKONOMI BOLIVIA DIPREDIKSIKAN MENCAPAI 5,9% DI TAHUN 2015


Bolivia, negara di Pegunungan Andes yang sampai sekarang belum memiliki akses ke laut, memprediksikan perkembangan ekonomi mereka mencapai 5,9% dari total PBI pada tahun 2015. Menteri Perekonomian dan Keuangan Bolivia, Luis Arce menyatakan bahwa melihat kondisi perekonomian Bolivia sekarang ini, prediksi tersebut bisa dicapai oleh Bolivia di tahun 2015. Sementara perkembangan ekonomi Bolivia tahun 2014 mencapai 5,5% dari total PBI. Lebih lanjut Luis Arce menyatakan bahwa perkembangan 5,9% itu bisa dicapai mengingat perkembangan investasi yang berkembang di Bolivia. Perkembangan investasi di Bolivia diperkirakan mencapai US$ 6.179 juta pada tahun 2015,  melebihi pencapaian pada tahun 2014 sebesar  US$ 4.500 juta.


Selain itu Arce juga menyatakan bahwa pemerintah Bolivia akan mengaktifkan kembali beberapa proyek di bidang produksi negara yang bisa meningkatkan pendapatan negara Bolivia. Harga minyak bumi yang menurun membawa dampak yang cukup kuat juga bagi Bolivia. Walaupun Bolivia tidak mengekspor minyak bumi namun harga gas alam yang diekspor Bolivia ke Brasil dan Argentina mendapat dampak yang cukup kuat karena harga petroleum yang tidak menentu.



Arce juga menekankan bahwa perkembangan ekonomi Bolivia sangat bergantung pada model ekonomi yang dikembangkan melalui tuntutan pasar dalam negeri. Tetapi pada saat yang sama pemerintah juga mengaplikasikan distribusi yang efisien sehingga gap antara yang miskin dan kaya semakin dipersempit dan masyarakat bisa menikmati hasil pembangunan secara merata.

BSD, Tangerang
Benny Kalakoe


0 comments:

Post a Comment

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Sweet Tomatoes Printable Coupons