Tuesday, 21 October 2014

EKONOMI AMERIKA LATIN MENURUN


Berdasarkan perkembangan ekonomi Amerika Latin tahun 2013, maka  diprediksikan bahwa negara Peru, Kolombia dan Chile merupakan negara-negara yang akan mengalami perkembangan ekonomi tertinggi di tahun 2014. Namun demikian Peru dan Chile mengalami perkembangan ekonomi yang menurun sepanjang tahun 2014 ini karena harga bahan tambang khususnya tembaga yang semakin menurun dalam 18 bulan terakhir. Perkembangan ekonomi Peru diprediksikan hanya mencapai 2,5% dan Chile mencapai 2%. Sementara Kolombia diprediksikan berada di sekitar 5% karena terpengaruh oleh tendensi menurunnya harga  minyak bumi. 

Menteri Ekonomi dan Keuangan Peru, Alonso Segura, menyatakan bahwa sejak triwulan ketiga tahun 2011 harga barang ekspor Peru khususnya mineral hasil pertambangan mengalami penurunan. Total penurunan tersebut diperkirakan mencapai 15%. Dan dampak penurunan ini dirasakan sangat besar bagi perkembangan ekonomi Peru.


Sementara itu IMF memprediksikan bahwa perkembangan ekonomi Amerika Latin akan mengalami penurunan dari yang diprediksikan sebesar 2% menjadi 1,3%. Hal ini disebabkan oleh berkurangnya produksi di Amerika Latin khususnya dari Brasil, Argentina dan Venezuela. IMF memprediksikan bahwa Panama akan menjadi pemimpin dalam perkembangan ekonomi di Amerika Selatan dengan perkembangan sebesar 6,6% kemudian diikuti oleh Bolivia sebesar 5,2%, Kolombia sebesar 4,8%, Ekuador sebesar 4%, Paraguay sebesar 4%, Peru sebesar 3,6%, Uruguay sebesar 2,8%, Meksiko sebesar 2,4%, Chile sebesar 2 % dan Brasil sebesar 0,3%. Sementara Argentina dan Venezuela mengalami perkembangan negatif sebesar -1,7% untuk Argentina dan -3% untuk Venezuela.  Argentina dan Venezuela mengalami perkembangan yang negatif karena meningkatnya inflasi.

 Sumber: El Comercio (Peru)

0 comments:

Post a Comment

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Sweet Tomatoes Printable Coupons