Monday, 27 October 2014

DILMA MENJADI PRESIDEN BRASIL LAGI


Dilma Rousseff akhirnya terpilih kembali sebagai Presiden Brasil selama empat tahun ke depan setelah memenangi pilpres tahap kedua pada hari Minggu tanggal 26 Oktober 2014 kemarin. Komisi Pemilihan Umum Brasil menyatakan bahwa dari 99,52% yang masuk, Dilma dari Parta Pekerja memperoleh 51,59% suara sementara lawan politiknya Aecio Neves memiliki 48,41% suara. Neves kemudian menyatakan kekalahannya dan memberikan salam kemenangan kepada Dilma.
Hasil pilpres kali ini memang diprediksikan oleh berbagai kalangan di Brasil bahwa hasilnya tidak akan terlalu jauh berbeda. Perbedaan suara antara kedua kandidat memang tipis. Dalam pilpres tahap pertama memang perbedaannya cukup menyolok. Dilma mendapat 41,59% suara sementara Neves memiliki 33,55% suara. Namun pergolakan kampanye menjelang pilpres tahap kedua membuat persaingan antara keduanya semakin ketat yang akhirnya dimenangkan oleh Dilma.
Dalam konferensi persnya kepala Komisi Pemilihan Umum Brasil, Ricardo Lewandowski, menyatakan bahwa pemilihan umum ini merupakan pesta demokrasi sesungguhnya. Diberitahukan pulah bahwa mereka mencatat ada sekitar 1.052 kecurangan yang terjadi selama masa kampanye sampai pemilihan. Sebagian besar kecurangan tersebut adalah kecurangan melakukan propaganda di tempat pemilihan seperti di sekolah-sekolah yang sudah dilarang keras oleh peraturan pemilihan presiden. 

Benny Kalakoe

0 comments:

Post a Comment

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Sweet Tomatoes Printable Coupons