Wednesday, 18 June 2014

BERBAGAI MASKAPAI MEMBATALKAN DAN MENGURANGI PENERBANGAN MEREKA KE VENEZUELA

Berbagai maskapai penerbangan internasional membatalkan dan mengurangi penerbangan mereka ke Venezuela karena Venezuela memiliki utang kepada berbagai maskapai internasional sebanyak kurang lebih US$ 4.000 juta dari hasil penjualan tiket. Sejak 11 tahun lalu, pemerintah Venezuela mewajibkan pembelian tiket pesawat hanya dengan mata uang bolivar lalu ditukar menjadi divisa ke penerbangan tersebut Pusat Perdagangan Luar Negeri Nasional (CENCOEX).


Situasi ini membuat maskapai penerbangan Air Canada dan Alitalia membatalkan penerbangan mereka ke Venezuela. Sementara maskapai lainnya mengurangi penerbangan mereka antara 15-80%. Maskapai American Airlines misalnya akan mengurangi frekuensi penerbangan sebanyak 80% ke Venezuela sejak tanggal 1 Juli 2014, karena utang yang belum dibayar oleh pemerintah Venezuela sebesar US$ 750 juta sejak tahun 2013 lalu. Maskapai American Airlines yang terlah beroperasi selama 25 tahun ke Venezuela mengambil keputusan tersebut karena mereka tidak menemukan jalan keluar atas masalah tersebut.

Sementara itu, untuk mengatasi masalah tersebut, pemerintah Venezuela baru-baru ini sudah mencairkan uang sebanyak US$ 486 juta untuk membayar utang kepada 6 maskapai penerbangan yang menerima beberapa kondisi yang ditetapkan oleh pemerintah Venezuela. Selain itu pemerintah Venezuela juga akan mengeluarkan semacam mata uang untuk pembelian tiket pesawat yang dikenal dengan nama SICAD di mana US$ sama dengan 50 bolivares.

Benny Kalakoe
19 Juni 2014

0 comments:

Post a Comment

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Sweet Tomatoes Printable Coupons