Tuesday, 8 January 2013

GELIAT PEMILIHAN UMUM DI EKUADOR


Tanggal 17 Februari 2013 masyarakat Ekuador akan menyelenggarakan pemilihan umum presiden dan wakil rakyat. Sejak hari Jumat lalu berbagai aksi kampanye melalui rapat akbar dan karavan sudah memenuhi Ekuador. Kampanye tersebut akan berlangsung sampai tanggal 14 Februari 2013, tiga hari sebelum pemilihan umum. 


Sebanyak delapan pasang calon presiden dan wakil presiden, serta 1.400 orang calon wakil rakyat yang akan merebut 137 kursi anggota dewan dan 5 anggota dewan Parlemen Andina,  akan meramaikan masa kampanye Ekuador. 

Presiden Rafael Correa diprediksikan bakal menjadi presiden Ekuador yang baru. Hasil jajak pendapat yang dibuat oleh Perusahaan Perfiles de Opinion menyatakan bahwa sebanyak 60,6% masyarakat memilih Correa. Sementara Guillermo Lasso, seorang banker, mendapat 11,2% dan mantan presiden Ekuador sebelumnya Lucio Gutiérrez hanya mendapat dukungan 4,5%. Sedangkan calon lainnya Pendeta Evangelis, Néstor Zavala, wakil aliran kanan Mauricio Rodas, wakil aliran kiri Alberto Acosta dan Norman Wray, hanya mendapat dukungan sebagian kecil masyarakat Ekuador. 

Presiden Correa mendapat ijin dari Parlemen Ekuador selama 30 hari dari 15 Januari sampai 14 Februari 2013, untuk terlibat secara aktif dalam kampanye pencalonan dirinya sebagai presiden Ekuador. Dalam sesi rapat pemberian ijin kepada Presiden Correa di Parlemen yang diikuti oleh kurang dari 124 anggota dewan: 97 orang memberikan ijin, 1 orang tidak memberikan suara dan 2 orang menolak memberikan ijin. 

0 comments:

Post a Comment

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Sweet Tomatoes Printable Coupons