Friday 5 August 2011

Venezuela: PERUMAHAN UNTUK ANAK-ANAK YANG MENGALAMI KEKERASAN DALAM RUMAH TANGGA


UNICEF menyatakan bahwa 275 juta anak di dunia ini yang mengalami kekerasan dalam rumah tangga. Venezuela melakukan terobosan baru dalam menghadapi anak-anak yang mengalami kekerasan dalam rumah tangga.

Pemerintah Venezuela menerapkan sebuah proyek perumahan yang dinamakan “Villa de los Chiquitos” (perumahan untuk anak-anak kecil). Perumahan ini akan diberikan kepada keluarga-keluarga yang akan hidup bersama anak-anak yang bermasalah tersebut. Ide ini datang dari sebuah yayasan yang bernama Fundación Amigos del Niño (Fundana=Yayasan Teman Anak-Anak).

Di tengah perumahan ini hidup 120 anak. Anak-anak ini memiliki masalah mereka sendiri. “Anak-anak ini umumnya datang dari rumah-rumah yang jauh dari fasilitas yang memadai. Negara menyerahkan mereka ke sini untuk dilindungi”, kata direktur Fundana, Matilde Baena de Malul. Proyek ini juga didukung oleh para psikolog. Pekerjaan mereka adalah rehabilitasi anak-anak dan membuat mereka menjadi bertanggung jawab atas kehidupan mereka sendiri di kemudian hari.

Psikolog Virginia Aznabar menyatakan bahwa, “Anak-anak ini datang dari situasi panik yang besar karena orang-orang yang mereka percayai menolak mereka. Karena itu, yang ada dalam diri mereka adalah ketidakpercayaan pada orang lain. Ketika mereka berada di sini, pada hari berikutnya mereka sudah merasa diterima dalam sebuah lingkungan yang aman dan baik. Dengan demikian mereka lebih relaks dan membiarkan semua orang bisa menolong mereka”. Walaupun demikian ada beberapa anak yang takut datang ke tempat ini dan meninggalkan institusi ini. Di sini tidak ada yang membuat mereka terluka dan tidak ada seorang pun lagi yang akan memukul mereka. Fundana berusaha untuk mempersiapkan masa depan mereka. Kalau sudah siap anak-anak ini akan dikembalikan ke keluarga mereka, kalau mereka mau, atau ke keluarga lain yang bisa mendampingi mereka. Anak-anak juga harus diajari bahwa, semua pendampingan yang dilakukan oleh Fundana suatu saat akan berakhir. Dan mereka harus mampu menghadapi masa depan mereka kembali dalam keluarga atau lingkungan hidup mereka.

Di sini masalah anak-anak dilayani. Bukan hanya makanan, kesehatan dan pendidikan, tetapi juga apa saja yang mereka butuhkan untuk mengatasi masalah mereka. Komunitas Fundana menolong mereka untuk kembali menjadi kuat menghadapi realitas kehidupan mereka. Anak-anak ini bisa merasakan hangatnya suasana rumah, hangatnya seorang ibu yang bisa memeluk anak dan saudaranya untuk bermain.

0 comments:

Post a Comment

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Sweet Tomatoes Printable Coupons