Friday, 19 August 2011

Venezuela: PEMERINTAH VENEZUELA AKAN MENGAMBIL SIMPANAN EMAS MEREKA, SEBANYAK 99 TON, DARI INGGRIS


Setelah mengkonfirmasikan bahwa Venezuela akan memindahkan reserva nasional mereka dari bank-bank di Amerika Serikat dan Uni Eropa ke negara-negara yang dia kualifikasikan sebagai negara “sahabat”, yakni Rusia, China dan Brasil, Presiden Venezuela melakukan sebuah deklarasi baru. Chavez mengumumkan bahwa dia akan mengambil semua emas Venezuela yang di simpan di negara-negara lain untuk menasionalisasikannya.

Pemerintah Venezuela telah menekan Pemerintah Inggris supaya mengembalikan kepada Republik Bolivariana Venezuela lebih dari 99 ton emas yang disimpan di Bank Inggris.

Chavez mengindikasikan bahwa jumlah total emas Venezuela yang berada di luar negeri mencapai US$ 11.000 juta. Dia mengatakan bahwa Venezuela memiliki 99,21 ton emas di bank-bank Inggris, yang memiliki nilai sebesar US$ 4.595 juta. Chavez menegaskan bahwa jalan yang dia ambil ini sudah dibicarakan dengan Presiden Bank Sentral Venezuela, Nelson Merentes. “Saya setuju dengan Nelson. Mari kita bawa semua emas itu ke Bank Sentral kita”, katanya.

Lebih lagi Chavez menyadari bahwa sangat riskan bahwa negara-negara dari Amerika Selatan menyimpan hampir US$ 600.000 juta di negara-negara yang secara ekonomis dilanda krisis. Dia mengharapkan supaya negara-negara di Amerika Selatan mengikuti contoh Venezuela.

Sebelumnya Chavez mengumunkan bahwa dia akan menasionalisasikan emas untuk dijadikan reserva internasional, berdasarkan sebuah komunikasi telefon dalam sebuah acara militer, saat penyerahan 324 misil dan 25 tank yang diperoleh dari Rusia.

Reservasi internasional yang dimiliki Venezuela dalam Agustus ini melebihi US$ 29.000 juta, di mana 63%nya disimpan dalam bentuk emas, berdasarkan laporan Bank Sentral Venezuela. Reservasi keuangan ini didepositkan di Inggris sebesar 17,90%, Panama sebesar 0,67%, Amerika Serikat 11,31%, Jerman 0,68%, Prancis 6,48% dan Swiss sebesar 59,17%.

Sumber: http://actualidad.rt.com/actualidad/america_latina/issue_28539.html

0 comments:

Post a Comment

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Sweet Tomatoes Printable Coupons