Friday 9 February 2018

PRESIDEN VENEZUELA KEMUNGKINAN TIDAK DIUNDANG KE KTT NEGARA-NEGARA AMERIKA

Foto: Acn.com.ve

KTT Negara-Negara di Benua Amerika akan diselenggarakan pada tanggal  13 dan 14 April 2018 di Lima Peru. Diharapkan semua presiden benua Amerika akan hadir dalam pertemuan tersebut kecuali Presiden Venezuela, Nicolas Maduro . Panitia KTT Negara-Negara Amerika yang dikenal dengan nama “Grupo de Lima” (Kelompok Lima) , yang merupakan kumpulan Menlu 12 negara, menyatakan bahwa mereka masih mengevaluasi apakah Maduro diundang atau tidak.

Presiden Venezuela tersebut tidak diundang karena dianggap membuat krisis di benua Amerika semakin besar dengan keputusannya yang akan mempercepat pemilihan presiden di Venezuela dari waktu yang sudah disepakati. Juru bicara Grupo de Lima, Cayetana Aljovin mengatakan, “Semua kita sudah melihat dengan jelas bahwa situasi di Venezuela tidak hanya berhubungan dengan Venezuela tetapi sudah mengakibat krisis di wilayah ini.” Namun demikian para Menlu tersebut sepakat bahwa masalah Maduro akan diundang atau tidak ke KTT Negara-Negara  Amerika VII tersebut sangat ditentukan oleh tuan rumah KTT yakni Peru. Sementara Presiden Nicolas Maduro menyatakan keinginannya bahwa dia akan datang menghadiri KTT tersebut.

Di lain kesempatan, Menlu Amerika Serikan Rex Tillerson melakukan kunjungan resmi ke beberapa negara di Amerika Selatan termasuk Peru dalam rangka mempersiapkan kunjungan Presiden Donald Trump ke negara-negara tersebut.  Negara Peru mengharapkan kunjungan Menlu dan Presiden Amerika Serikat ke Peru akan meningkatkan kerjasama bilateral kedua negara terutama dalam bidang ekonomi.


KTT yang memiliki tema sentral “Pemerintahan demokratis berhadapan dengan korupsi” diharapkan memberi pengaruh yang besar dalam proses demokrasi di benua tersebut, terutama di negara-negara yang mengalami krisis demokrasi seperti Venezuela.

Sumber: Americaeconomia.com

BSD-Tangsel
Indonesia
Benny Kalakoe

0 comments:

Post a Comment

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Sweet Tomatoes Printable Coupons