Tuesday 13 February 2018

PEMERINTAH KOLOMBIA BERUSAHA MENANGKAP PEMIMPIN PEMBERONTAK ELN


http://www.vistazo.com
Kejaksaan Negara Kolombia mengeluarkan keputusan untuk menangkap para pemimpin ELN Ejército de Liberación Nacional (Pasukan Pembebasan Nasional) karena aksi pembunuhan terhadap tiga demobilisasi FARC dan perekrutan  secara paksa anak-anak di bawah umur untuk menjadi anggota ELN. Para pemimpin ELN yang diperintahkan untuk ditangkap yang dikenal dengan sebutan Komando Pusat ELN adalah:  Nicolás Rodríguez, alias "Gabino",  Eliécer Erlington Chamorro, alias "Antonio García"; Israel Ramírez, alias "Pablo Beltrán"; Rafael Sierra Granados, alias "Ramiro Vargas" dan Gustavo Aníbal Giraldo, alias "Pablito".

Kejaksaan Kolombia menyatakan bahwa pasukan pemberontak ELN bertanggung jawab atas kehilangan dan pembunuhan terhadap beberapa anggota FARC (pasukan pemberontakan yang sudah berdamai dengan pemerintahan Kolombia) dan juga atas perekrutan secara paksa terhadap 45 anak di bawah umur. Selain itu juga ELN bertanggung jawab atas berbagai aksi yang mengganggu komunitas adat di wilayah utara Kolombia.

Panglima militer Kolombia Jenderal Alberto Mejia menyakini bahwa para pemimpin tertinggi ELN yang dicari berada di Venezuela sehingga mereka tidak bisa melancarkan operasi penangkapan. Bahkan pemerintah Kolombia menyakini bahwa pasukan ELN dibantu oleh masyarakat Venezuela sehingga mereka memiliki kekuatan untuk melawan pasukan pemerintah.


Negara Kolombia menghadapi dua pasukan pemberontak  dalam negeri yakni FARC(Fuerzas Armadas Revolucionarias de Colombia) dan ELN. Pemerintah Kolombia sudah menandatangani perjanjian damai dengan FARC. Kesepakatan damai dengan ELN belum berjalan walaupun perjanjian damai sudah diusahakan dalam setahun terakhir. Perjanjian damai ini semakin sulit karena pasukan ELN dituduh oleh Kolombia mendapat dukungan dari negara tetangga Venezuela. Situasi ini membuat hubungan kedua negara semakin tegang dan perundingan damai sulit dilaksanakan.

Sumber: elcomercio.pe

BSD-Tangsel
Indonesia

0 comments:

Post a Comment

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Sweet Tomatoes Printable Coupons