Saturday 10 February 2018

KETIKA SPANDUK KARTEL MASUK DI MEXICO CITY

Foto: elpais.com

Perang antar kartel di Mexico mungkin sudah sering kita dengarkan selama ini. Biasanya perang antar kartel tersebut terjadi di luar Mexico City (DF), yang merupakan ibukota Mexico. Masyarakat Mexico City (DF) hari Selasa  7 Februari digemparkan dengan terpancangnya spanduk Cartel Jalisco de Nueva Generacion (Kartel Generasi Baru Jalisco) di sebuah jembatan di jalan utama pinggiran ibukota tersebut, yang berisi ancaman untuk menghabiskan anggota kartel kelompok lain.

Kehadiran Cartel Jalisco de Nueva Generacion (CJNG) mengganggu rasa keamanan masyarakat Mexico City mengingat CJNG merupakan kartel yang menurut pemerintahan Amerika Serikat merupakan kartel terkuat di Mexico karena memiliki kekuatan hampir di seluruh wilayah Mexico dan memiliki jaringan internasional di berbagai negara dan benua.

Kehadiran spanduk yang ditandatangani dan ditulis dengan sangat rapih oleh CJNG tersebut menimbulkan keresahan di kalangan pemerintahan Mexico dan lembaga-lembaga asing lainnya di kota tersebut. Pemerintahan kota Mexico City selama ini menyatakan bahwa kartel-kartel yang berada di negara Mexico tidak pernah masuk ke ibukota. Namun banyak orang menyatakan bahwa lapangan terbang di Mexico City yang juga merupakan pintu masuk dan keluar peredaran narkoba tidak mungkin tidak menjadikan ibukota sebagai salah satu tempat penting bagi kekuasaan kartel mereka. Dua orang penting dari Cartel Sinaloa de Joaquin “El Chapo Guzman” tahun lalu ditangkap di Mexico City. Ini membuktikan bahwa Mexico City tidak aman dari perang para kartel yang melihat bahwa kekuasaan negara penting menjadi bagian dari mereka supaya kepentingan bisnis mereka berjalan dengan baik.

Keberadaan spanduk para kartel di Mexico ini menjadi pusat perhatian masyarakat Mexico City karena dalam waktu kurang dari 5 bulan lagi Mexico akan menjalankan pemilu. Pemerintahan Mexico mulai menelusuri spanduk tersebut dan mencari tahu keberadaan para kartel di kota tersebut. Pemerintah berjanji akan memberikan rasa aman kepada masyarakat ibukota tersebut.

Sumber: elpais.com

BSD Tangsel
Benny Kalakoe


0 comments:

Post a Comment

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Sweet Tomatoes Printable Coupons