Tuesday, 20 December 2016

SEKTOR KEBUDAYAAN MENGHASILKAN 7% DARI PBI NEGARA-NEGARA AMERIKA LATIN

Sektor kebudayaan menghasilan 7% dari PBI negara-negara Amerika Latin. Situasi ini dilihat sebagai sebuah kesempatan untuk membangun kebudayaan sebagai industri yang bisa menghasilkan pendapatan bagi masyarakat.


Hal tersebut dinyatakan oleh Ernesto Piedras dalam rapat para menteri kebudayaan dari Organisasi Negara-Negara America (OEA). Dia membandingkan bahwa sektor kebudayaan menghasilkan 7% PBI dengan menggunakan 3,6% dari total tenaga kerja yang ada, yang berarti mereka yang terlibat dalam sektor kebudayaan memiliki produktivitas yang tinggi. 

Namun dia juga menyadari kurangnya penghargaan kepada para pelaku di sektor kebudayaan misalnya para artis di mana hak-hak kerja mereka dibatasi, misalnya mereka tidak memiliki jaminan sosial, jaminan pensiun atau asuransi kesehatan. Selain itu masih banyak hal yang harus dikembangkan dalam sektor kebudayaan misalnya kurangnya infrastruktur dan penghargaan yang kurang dari masyarakat atas kebudayaannya sendiri. Tidak mengherankan banyak orang berbakat di Amerika Latin dengan kebudayaannya masing-masing, memilih untuk bekerja dengan talentanya di negara lain, karena di negara lain kebudayaan mereka lebih dihargai dan memiliki nilai yang lebih. 

Dari berbagai sumber
Benny Kalakoe

0 comments:

Post a Comment

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Sweet Tomatoes Printable Coupons