Saturday, 17 December 2016

PAUS MERAYAKAN HUT DENGAN ORANG MISKIN

Tanggal 17 Desember 2016, Paus Fransiskus merayakan HUT-nya yang ke 80. Dia merayakannya dengan makan pagi bersama dengan beberapa orang miskin yang tidak memiliki tempat tinggal di kota Roma. Sebanyak 8 orang miskin masuk ke ruang makan Santa Marta, tempat tinggal Paus Fransiskus. Pagi-pagi hari Jumat, Paus Fransiskus mengundang mereka yang mengemis di Columnata del Bernini St. Peter untuk makan pagi bersamanya. Ke delapan orang yang merasa terberkati diundang Paus tersebut berasal dari Italia (empat orang), Maldova (satu orang), Rumania (dua orang) dan Peru (satu orang). 


Tepat jam 7 pagi, Paus bertemu dengan ke delapan orang "tanpa rumah" dengan hangat dan memberikan mereka bunga matahari yang kemudian diletakkan di kapela tempat mereka berdoa. Di meja makan, mereka makan bersama Paus dan Paus mendengarkan sejarah hidup mereka. Setelah itu mereka diberi hadiah berupa makanan ringan dan manisan dari Argentina, lalu Paus menuju Kapel Paulina di mana para kardinal sudah menunggunya. 

Dalam rangka merayakan HUT-nya yang ke 80, semua kamar makan di Vatikan memberikan makanan ringan dan manisan spesial atas nama Paus dan semua pengunjung diberikan hadiah.

Selama merayakan misa dengan para kardinal, Paus Fransiskus membagikan pengalaman hidupnya dengan mengatakan bahwa ada saat-saat dia merasakan "kebahagiaan besar" dengan Tuhan tetapi juga ada saat-saat "ketidakbahagiaan yang buruk" karena dosa. Pada akhir homilinya dia mengatakan bahwa dia melihat kehidupannya ke belakang supaya bisa berjalan dengan lebih baik ke depannya. Pada akhir perayaan misa, Paus mengucapkan terima kasih kepada para kardinal yang menyalaminya dan sambil bergurau dia menyatakan bahwa dalam beberapa hari ini yang ada di pikirannya adalah kata "menua". "Saya masih ingat yang saya katakan kepada anda semua ketika kita bertemua untuk pertama kalinya, tanggal 15 Maret 2013: menua adalah tempat bertahtanya kebijaksanaan; kita berharap bahwa itulah yang terjadi pada saya. Menua itu telah datang dengan begitu cepat dan dengan langkah yang tidak terasa", katanya sambil tertawa. Lalu dia meminta doa dari para kardinal bagi dirinya supaya bisa menjalankan tugasnya dengan baik. 

0 comments:

Post a Comment

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Sweet Tomatoes Printable Coupons