Friday, 16 December 2016

PAUS FRANSISKUS MEMPERTEMUKAN JUAN MANUAL SANTOS DAN ALVARO URIBE

Paus Fransiskus berhasil mempertemukan Presiden Kolombia Juan Manuel Santos , yang menerima penghargaan Nobel Perdamaian, dengan mantan presiden Kolombia Alvaro Uribe di ruang kerjanya di Vatikan, Jumat, 16 Desember 2016. Pertemuan yang berlangsung kurang lebih selama 25 menit tersebut menjadi sangat historis karena Paus berhasil mempertemukan kedua pemimpin politik Kolombia yang sulit dipertemukan selama ini. Presiden Amerika Serikat pernah mencoba untuk mempertemukan keduanya tetapi tidak berhasil. 


Keduanya bersih tegang soal perjanjian perdamaian antara pemerintah Kolombia dengan pasukan pemberontak FARC. Alvaro Uribe menolak beberapa isi perjanjian perdamaian tersebut yang diprakarsai Juan Manuel Santos. Hasil jajak pendapat atas Perjanjian Perdamaian tersebut menunjukkan bahwa sebagian besar masyarakat Kolombia menolak perjanjian tersebut. Namun demikian usaha Presiden Santos mendapat penhargaan internasional lewat Nobel Perdamaian yang diterimanya karena berhasil melakukan perundingan perdamaian dengan pasukan pemberontak FARC.

Dunia internasional sangat mendukung usaha Santos untuk menghentikan pertikaian bersenjata dengan pasukan pemberontak FARC dan menerima mereka kembali dalam tatanan politik Kolombia tanpa harus membawa mereka ke pengadilan. Mereka bahkan diberi kesempatan untuk membentuk partai sendiri sehingga suara mereka bisa didengar oleh pemerintah. Bahkan beberapa petinggi pasukan FARC bisa memiliki jabatan dalam tatanan pemerintahan.

Alvaro Uribe menolak perjanjian damai tersebut karena partai oposisi tidak sejalan dengan pendirian Presiden Santos. Uribe meminta supaya perjanjian perdamaian itu tidak harus dijadikan perjanjian definitif untuk sementara waktu karena banyak orang tidak menyetujuinya termasuk partai oposisi. Bahkan berdasarkan penentuan pendapat masyarakat perjanjian perdamaian tersebut ditolah seminggu setelah ditandatangani oleh Santos dan pemimpin pemberontakan FARC.

0 comments:

Post a Comment

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Sweet Tomatoes Printable Coupons