Tuesday, 20 December 2016

KRISIS DI VENEZUELA

Krisis politik, ekonomi dan inflasi melanda Venezuela. Kelompok oposisi yang dipenjarakan, persediaan barang kebutuhan dasar yang semakin menipis dan inflasi yang mencapai tiga digit membuat situasi Venezuela semakin tidak menentu.


Beberapa hari lalu pemerintahan Maduro menangkap dan menahan kurang lebih 300 orang yang dianggap pengacau. Kekacauan itu muncul karena pemerintah mengumumkan akan memberlakukan uang bolivar yang baru. Nilai mata uang bolivar yang semakin kecil karena inflasi dan situasi ekonomi yang tidak menentu membuat Maduro harus menggunakan uang bolivar dengan nominal yang lebih tinggi yakni 500, 1000, 2000, 5000, 10000 dan 20.000 bolivares. Krisis nilai mata uang tersebut menimbulkan keresahan di masyarakat. Masyarakat mau menukar mata uang yang lagi beredar yang tidak memiliki nilai yang besar, dengan mata uang baru. Situasi ini menimbulkan chaos di seluruh Venezuela bahkan di beberapa tempat terjadi penjarahan karena krisis bahan makanan. 

Bank Sentral Venezuela menyatakan bahwa mata uang bolivar baru tiba hari Minggu lalu dari Swiss. Kedatangan mata uang baru tersebut diharapkan memberikan ketenangan bagi masyarakat supaya bisa bertransaksi dengan baik. Wakil gubernur Bank Sentral, Jose Khan, menyatakan bahwa sudah tiba di Venezuela mata uang baru sebanyak 13.5 juta lembar bolivares dari mata uang 500 bolivares yang merupakan mata uang terkecil dari mata uang yang baru. Dia juga menyatakan bahwa dalam bulan ini Bank Sentral Venezuela akan menerima lagi 60 juta juta lembar mata uang. 

Nicolas Maduro menyatakan bahwa situasi chaos mata uang bolivar Venezuela disebabkan oleh tindakan para mafia Kolombia untuk pertukaran di pasar gelap. Karena itu Maduro menutup semua perbatasan negaranya untuk menghindari pertukaran uang gelap yang bisa merugikan negaranya. 


0 comments:

Post a Comment

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Sweet Tomatoes Printable Coupons