Sunday 18 December 2016

ARGENTINA MEMBUKA PERJANJIAN PERDAGANGAN BEBAS DENGAN INGGRIS

Sejak tahun 1982, Argentina dan Inggris berseteru secara politik atas status kepemilikan Kepulauan Malvinas. Saat itu Argentina yang menganggap Malvinas sebagai wilayahnya, menduduki kepulauan tersebut. Tidak lama setelahnya Inggris menyerang Argentina di pulau tersebut, yang kemudian dikenal sebagai Perang Malvinas dengan korban meninggal sebanyak kurang lebih 900 orang di kedua belah pihak. Inggris menang perang dan kepulauan tersebut diduduki oleh Inggris sampai sekarang ini. Tidak mengherankan hubungan diplomatik kedua negara di dunia internasional selalu berseberangan sampai sekarang ini.


Namun demikian sejak Mauricio Macri jadi presiden Argentina situasi mulai berubah. Walaupun masalah kepemilikan Kepulauan Malvinas merupakan masalah yang belum terselesaikan antara keduanya, Macri mencoba untuk membuka hubungan ekonomi dengan Inggris tanpa harus menghubungkannya dengan masalah politik tersebut.

Setelah berkali-kali bertemu kedua negara tersebut sepakat untuk membuka hubungan ekonomi keduanya melalui Perjanjian Perdagangan Bebas. Inggris yang sedang keluar dari Uni Eropa mencoba untuk memperkuat hubungan dagangnya dengan negara-negara di luar Uni Eropa seperti dengan Argentina, untuk memperkuat perekonomian mereka. Tidak hanya itu, bulan September tahun ini kedua negara setuju untuk bekerja sama dalam hal eksplorasi minyak dan gas, transportasi laut dan perikanan di wilayah seteru Kepulauan Malvinas. Kedua negara juga setuju untuk mengijinkan penerbangan langsung dari Argentina ke kepulauan tersebut yang selama ini dilarang oleh Inggris.

Inggris merupakan negara impor daging sapi jenis premium dari Argentina sejak tahun 2004. Namun impor daging tersebut setiap tahun berkurang sampai akhirnya ditutup tahun 2014. Tidak hanya itu, Inggris juga merupakan negara tujuan ekspor anggur Argentina. Sebanyak 10% anggur asal Argentina diekspor ke Inggris. Situasi perdagangan kedua negara yang selama ini terganggu oleh masalah politik akhirnya mau diatasi oleh Macri dengan meningkatkan hubungan perdagangan tanpa harus meninggalkan masalah politik yang masih harus diselesaikan. 


0 comments:

Post a Comment

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Sweet Tomatoes Printable Coupons