Thursday, 6 October 2016

FERNANDO LUGO: CALON PRESIDEN PARAGUAY 2018

Mantan Presiden Paraguay, Fernando Lugo, kembali mencalonkan dirinya sebagai calon presiden dalam pemilihan presiden tahun 2018, walaupun Komisi Pemilihan Umum Paraguay melihatnya sebagai inkonstitusional. 

Dalam wawancaranya dengan sebuah radio di Paraguay, Fernando Lugo menyatakan bahwa dirinya dirindukan oleh sebagian besar masyarakat Paraguay untuk kembali menjadi presiden. Karena itu dia mencalonkan dirinya kembali sebagai calon presiden dalam pemilu tahun 2018 nanti. Namun keinginannya untuk mencalonkan diri sebagai presiden berlawanan dengan kententuan undang-undang Paraguay yang menyatakan bahwa seorang presiden dan wakil presiden dilarang untuk mencalonkan diri. Partai oposisi menggunakan undang-undang ini untuk menjegal pencalonan Fernando Lugo. Tetapi Lugo dengan tegas menyatakan bahwa yang dilarang mencalonkan diri sebagai calon presiden adalah presiden dan wakil presiden, sementara dirinya adalah mantan presiden. Jadi hukum itu tidak berlaku bagi dirinya tetapi bagi presiden dan wakil presiden sekarang ini.

Polemik pencalonan Fernando Lugo akan dibawa ke Pengadilan Pemilihan Umum. Sementara Presiden Paraguay sekarang ini, Horacio Cartez menyatakan bahwa dirinya tidak akan mengubah konstitusi tersebut supaya dirinya bisa dipilih kembali sebagai presiden. 

BSD
Benny Kalakoe

0 comments:

Post a Comment

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Sweet Tomatoes Printable Coupons