Thursday, 6 October 2016

ANCAMAN TERHADAP WARTAWAN DI MEKSIKO

Pekerjaan sebagai wartawan di Meksiko merupakan pekerjaan beresiko tinggi. Pemerintah dan narkotrafik mengancam pekerjaan dan kehidupan mereka. Organisasi Wartawan Tanpa Batas (RSF = Reporteros Sin Fronteras) menyatakan bahwa Meksiko adalah negara ke-enam dengan ancaman tertinggi di dunia terhadap pekerjaan sebagai seorang wartawan.

Mengapa profesi wartawan di Meksiko menjadi begitu berbahaya? Berdasarkan laporan RSF, ancaman yang paling besar terhadap wartawan di Meksiko justru datang dari pemerintah dan partai politik. Lalu kemudian dari narkotrafik. 

Pekerjaan wartawan yang mengkritisi sektor publik di Meksiko menjadikan wartawan berada dalam situasi bahaya. Sebanyak 50% kekerasan terhadap wartawan terjadi di daerah seperti Veracruz, Districto Federal, Puebla, Guerrero. Dalam tiga tahun pemerintahan Presiden P. Nieto (2012-2015) terdapat 1073 kasus kekerasan terhadap wartawan. Umumnya wartawan yang menjadi korban adalah mereka yang meliputi kasus-kasus pelanggaran hak asasi manusia atau wartawan yang mencoba mengupas ketidakadilan dalam sebuah pelayanan publik. 

Ancaman terhadap wartawan menimbulkan kerugian besar bagi masyarakat Meksiko. Yang pertama keluarga mereka kehilangan orang yang mereka sayangi. Dan yang kedua masyarakat kehilangan suara untuk menyuarakan keadilan dalam kehidupan bermasyarakat. Setiap 1000 perkara kriminal di Meksiko yang diselesaikan secara tuntas dalam pengadilan oleh pemerintah hanya 2 kejadian. Artinya 998 peristiwa kriminal tidak mendapat tindakan tegas dari pemerintah. Para wartawan yang mencoba membongkar kasus-kasus ketidakadilan dalam sistem pemerintahan tersebut pasti mendapat ancaman. Selama pemerintahan Javier Duarte dari PRI di Veracruz yang dikenal sangat korup dan diktator sudah terjadi 203 kasus kekerasan terhadap wartawan baik yang dibunuh maupun yang disiksa. Karena itu tidak mengherankan Veracruz adalah daerah yang paling berbahaya bagi para wartawan di Meksiko. Kasus serupa juga terjadi di wilayah lain di Meksiko seperti Meksico City, Puebla.

Sementara kekerasan yang datang dari narkotrafik terhadap wartawan umumnya terjadi di Sinaloa, Tamaulipas dan Guerreros. Banyak wartawan yang meliputi kekerasan narkotrafik menjadi korban di wilayah ini. Di Meksiko City, kekerasan terhadap wartawan terjadi ketika mereka meliputi narkotrafik di beberapa kafe atau restoran kelas menengah atas. 

Umumnya kekerasan terhadap wartawan di Meksiko terjadi karena korupsi dan imunitas terhadap hukum dalam pemerintahan. Situasi ini sudah merebak terhadap narkotrafik. Banyak kasus narkotrafik yang tidak mendapat hukuman yang semestinya bahkan sebaliknya mereka bisa bergerak bebas tanpa merasa bersalah. Setiap wartawan yang mencoba untuk membongkar kasus tersebut bersiap untuk mendapat perlakuan kekerasan dari pihak pemerintah atau narkotrafik. 

BSD
Benny Kalakoe





0 comments:

Post a Comment

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Sweet Tomatoes Printable Coupons