Monday, 2 November 2015

PERDAGANGAN NEGARA PEGUNUNGAN ANDES DENGAN CHINA MENINGKAT


Perdagangan antara Komunitas Negara-Negara Pegunungan Andes (CAN = Comunidad Andina de Naciones) dengan China meningkat sebesar 6,5%. Tahun lalu perdagangan bilateral antara CAN dan China mencapai US$ 40.319 juta. China menduduki tempat ketiga sebagai negara tujuan ekspor negara-negara Pegunungan Andes yang mencapai 10,3% dari total ekspor negara-negara tersebut.  

Peru merupakan pengekspor utama ke China yakni 50,5% dari total ekspor CAN yang mencapai US$ 6.681 juta. Kolombia menempati posisi kedua dengan 42,5%. Sementara Ekuador dan Bolivia masing-masing dengan 3,8% dan 3,2%. 

Produk utama CAN yang diekspor ke China adalah minyak mentah minyak bumi, tembaga, perak, tepung ikan, makanan untuk ikan dan besi mineral. 

Sementara impor yang diterima negara anggota CAN dari China menduduki posisi kedua dengan total 18,4% total impor di pasar. Kolombia merupakan negara impor barang China terbesar yang mencapai 11.790 juta yang merupakan 43,5% dari total impor dari China bagi CAN. Barang-barang impor dari China antara lain: handphone, wi-fi, mesin digital, motor, remote control.

Diperkirakan perdagangan bilateral antara CAN dan China akan meningkat dalam beberapa tahun ke depan.






0 comments:

Post a Comment

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Sweet Tomatoes Printable Coupons