Monday, 26 October 2015

PEMILU PRESIDEN ARGENTINA: SCIOLI ATAU MACRI?


Tanggal 25 Oktober 2015 kemarin, dilangsungkan pemilihan presiden Argentina. Pemilihan tersebut akhirnya harus dilakukan sampai tahap kedua pada tanggal 22 November 2015 nanti karena tidak ada suara dari para calon presiden yang memenuhi kuota seperti yang diatur UU. Dua calon presiden yang memiliki suara terbanyak yang berhak untuk maju dalam pemilihan presiden tahap kedua. Mereka adalah Danieal Scioli yang merupakan calon presiden yang didukung oleh pemerintah yang berkuasa sekarang ini dan Mauricio Macri calon dari pihak oposisi. Kedua calon ini dinilai lebih moderat dan "berteman" dengan pasar apabila dibandingkan dengan presiden sekarang yang berasal dari aliran tengah kiri, Cristina Fernandez.

Siapapun yang menang dalam pemilihan presiden nanti akan menghadapi masalah yang sangat serius dihadapi oleh Argentina sekarang yakni perkembangan ekonomi Argentina yang stagnan. Sejak beberapa tahun lalu inflasi di Argentina meningkat tajam yakni sekitar 25% per tahunnya. Berkurangnya investasi asing, biaya subsidi pemerintah yang tinggi dan nilai tukar mata uang yang tidak stabil serta harga barang baku ekspor yang murah membuat perekonomian Argentina berjalan di tempat. Utang negara di luar negeri yang semakin meningkat juga merupakan faktor lain yang harus segera diberesi oleh presiden terpilih nanti.

Lalu apa program dari para calon presiden tersebut menghadapi keterlambatan perkembangan ekonomi Argentina tersebut?

Untuk menghadapi masalah perekonomian Argentina, Daniel Scioli berusaha untuk menghindari intervensi negara yang berlebihan dalam bidang perekonomian. Namun demikian usahanya ini diragukan oleh para pengusaha Argentina karena kedekatannya dengan pemerintahan yang sekarang ini.

Tim pendukung Scioli berusaha meningkatkan lagi kompetisi dalam bidang perekonomia dengan memotong pajak tanpa harus mendevaluasi Peso (mata uang Argentina) Argentina melalui sistem flotasi yang dikontrol. Namun demikian beberapa bank investasi memprediksikan bahwa cara ini akan sulit karena berkurangnya reservasi internasional dari Argentina. Scioli juga berusaha menurunkan secara bertahap inflasi yang dihadapi Argentina. Dia berusaha supaya di tahun keempat pemerintahannya inflasi di Argentina akan berada di bawah 10%, dengan cara meningkatkan investasi swasta yang selama ini terhambat karena arah perekonomian Argentina yang arahnya belum jelas. Scioli juga berusaha untuk membebaskan divisa yang masuk ke Argentina dari kontrol mata uang yang ketat. Dalam hal subsidi pemerintah, Scioli merencanakan untuk mengurangi sedikit demi sedikit subsidi terutama subsidi energi yang memakan hampir 4% dari PIB Argentina. Program ekonomi Scioli ini sangat mempengaruhi kelas media yang merupakan pendukung utama perekonomian Argentina. Untuk mengurangi dampak perekonomian bagi kelas menengah, Scioli berusaha membebaskan setengah juta orang Argentina dari pembayaran pajak atas gaji mereka, seperti yang digaungkannya dalam beberapa hari menjelang pemilihan 25 Oktober lalu. Untuk mengurangi tensi perekonomian pada bidang agropekuari Scioli akan menghapus pajak ekspor di tingkat regional dan mengurangi pajak trigu dan jagung. Scioli tidak menyebutkan akan mengurangi pajak bagi kacang hijau yang merupakan tanaman utama yang dihasilkan dari pertanian Argentina. 

Jika Macri yang menang dalam pemilihan presiden nanti, dia akan mengimplementasikan beberapa perubahan yang cepat seperti menghilangkan semua potongan terhadap divisa yang masuk ke Argentina. Menurut Macri, kebijakan ini akan mengundang para investor dan juga mengurangi devaluasi nilai Peso Argentina. Dalam hal politik finansial, Macri akan berusaha menurunkan tingkat inflasi. Sementara dalam hal subsidi energi dia berusaha untuk mengurangi subsidi energi bagi kelas media dan meringankan pajak penghasilan bagi para pekerja kelas menengah. Dalam bidang agropekuari Macri akan menghilangkan berbagai hambatan dan pajak terhadap ekspor trigu dan jagung.

Siapa yang akan menang dalam pemilihan presiden tanggal 22 November nanti? Sangat bergantung pada kampanye yang akan Scioli dan Macri lakukan menjelang pemilihan nanti. Siapapun yang menang nanti, masyarakat Argentina mengharapkan perubahan, terutama supaya presiden baru bisa membawa perekonomian Argentina semakin baik.  

Benny Kalakoe
BSD, 27 Oktober 2015


0 comments:

Post a Comment

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Sweet Tomatoes Printable Coupons