Thursday, 8 October 2015

KETIKA KECANTIKAN MENJADI "INDUSTRI KECANTIKAN" DI AMERIKA LATIN


Menjadi "Ratu Kecantikan" mulai dari "Ratu Kampung" sampai "Ratu Kecantikan Universe" adalah impian sebagian besar perempuan di Amerika Latin. Sejak masih kecil parade atau lomba "ratu kecantikan" sudah mulai dibuat entah dari tingkat kampung maupun ke tingkat nasional atau dunia. Tidak mengherankan bahwa lomba "Ratu Kecantikan" menjadi sebuah ajang yang bergengsi bagi para perempuan di kawasan ini. Tidak mengherankan para "Ratu Kecantikan" dari kawasan ini sering menjadi juara "Miss Universe" atau "Mis Mundial". Sebut saja beberapa negara yang sering menjadi langganan "Ratu Kecantikan" misalnya Puerto Rico, Venezuela, Colombia, Republica Dominicana dll.

Disebut sebagai "perempuan yang cantik" merupakan sebuah pujian yang sangat besar di kawasan ini. Karena itu tidak mengherankan hampir di setiap sudut kampung di kawasan ini memiliki salon baik bagi perempuan maupun bagi lelaki. Kalau Anda ke Amerika Latin sebaiknya jangan coba ke salon hari Sabtu atau Minggu kalau Anda belum melakukan pesanan. Karena sangat mungkin Anda akan tidak dilayani, karena begitu banyak orang antri di salon untuk "mempercantik diri".

Selama kurang lebih dua dasawarsa terakhir "kecantikan" berubah menjadi "industri kecantikan" di wilayah ini. Kemajuan teknologi kedokteran yang bisa menyulap "wajah alamiah" menjadi "wajah yang diinginkan" yakni "wajah yang cantik", membuat industri kecantikan ini semakin digandrungi oleh kaum hawa di kawasan ini. 

Operasi wajah plastik, pijat/lulur, perbaikan posisi gigi, model rambut, ramuan kecantikan wajah, lipstik, diet makanan, olahraga dan meditasi merupakan beberapa aspek "industri kecantikan" yang berkembang belakangan ini berhadapan dengan tahta "Ratu Kecantikan" di kawasan Amerika Latin. 

Lomba "Ratu Kecantikan" di setiap negara menjadi ajang yang sangat bergengsi bara para perempuan di kawasan ini. Karena itu tidak mengherankan, jauh-jauh hari sebelum lomba dimulai, para perempuan yang mengimpikan tahta kecantikan ini sudah mulai membenah diri. Biasanya enam bulan sebelum lomba dimulai para kandidat sudah terlebih dahulu mempersiapkan diri mereka. Operasi-operasi plastik yang ringan, misalnya membuat hidung menjadi lebih mancung, atau bulu mata menjadi lebih lentik, atau posisi bibir yang lebih bagus sudah mulai dilakukan. Demikianpun diet dijalankan supaya tidak kelihatan menjadi terlalu gemuk atau kurus. Singkatnya segala cara untuk menjadi "cantik" dijalani supaya mahkota "Ratu Kecantikan" dicapai. 

Persiapan selama enam bulan tersebut tidak hanya persiapan personal sang kandidat, tetapi juga persiapan lain seperti membentuk panitia yang mencari sponsor yang mendukung kandidat secara finansial. Perlombaan mencari sponsor menjadi sebuah industri sendiri karena para sponsor akan meminta para kandidat untuk menjadi corong sponsor. Tidak hanya soal kecantikan tetapi juga sang kandidat ratu harus dipersiapkan juga secara intelektual. Misalnya berlatih untuk menjadi pemandu acara, atau menjadi seorang pembicara atau berdiskusi hal-hal yang menjadi tema pembicaraan masyarakat. Kecantikan wajah atau tampang tidak menjadikan seorang perempuan secara  otomati menjadi seorang "Ratu Kecantikan". Kepintaran dalam hal berdiskusi, menjawab pertanyaan dan mengemukakan pendapat menjadi hal yang tidak kalah penting juga. Bahkan kemampuan untuk berbicara bahasa asing lain seperti Bahasa Inggris menjadi sebuah keharusan bagi para kandidat. Tidak mengherankan mereka akan tekun dalam mempelajari bahasa asing lain.

Singkat kata, persiapan untuk menjadi "Ratu Kecantikan" di Amerika Latin merupakan sebuah industri yang mengesankan. Froilan Paez seorang ahli operasi plastik (wajah dan hidung) di Venezuela mengatakan bahwa industri operasi plastik di Venezuela meningkat selama beberapa dekade terakhir. Apalagi menjelang perlombaan "Ratu Kecantikan". Klinik operasi plastik ada di mana-mana. Tidak hanya klinik operasi plastik tetapi juga salon-salon spa/massage, yoga (meditasi) juga berkembang pesat. Singkat kata industri kecantikan di wilayah Venezuela dan Amerika Selatan merupakan industri yang menggiurkan. 

Bagaimana dengan industri kecantikan dari Indonesia? Setahu saya orang-orang Amerika Latin sangat gemar dengan industri kecantikan dari timur, karena biasanya bahan yang digunakan adalah alamiah. Apalagi digabungkan dengan yoga atau gaya meditasi dari Asia, maka salon kecantikan itu bisa menjadi tujuan para calon "Ratu Kecantikan". Pertanyaannya, beranikah industri kecantikan dari Asia khususnya Indonesia untuk invest di kawasan Amerika Latin? Selamat mencoba untuk berrenang dalam gelombang industri kecantikan di Amerika Latin.




0 comments:

Post a Comment

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Sweet Tomatoes Printable Coupons