Tuesday, 3 March 2015

VENEZUELA MENGHARUSKAN WN AMERIKA SERIKAT MEMILIKI VISA KE VENEZUELA


Hubungan bilateral Amerika Serikat dan Venezuela semakin memanas. Setelah beberapa hari lalu mengharuskan Kedutaan Amerika Serikat mengurangi personal staf diplomatik mereka hanya menjadi 17 orang dari 100 orang yang didaftar pemerintah Venezuela, kini pemerintahan Nicolaz Maduro mengharuskan semua orang Amerika Serikat memiliki visa untuk masuk ke Venezuela. Tidak hanya itu Maduro juga menegaskan bahwa mereka melarang secara khusus bagi George W. Bush, Dick Cheney, George Tenet, Marco Rubio, Bob Menendez, Mario Díaz Balart dan Ileana Ros-Lehtinen untuk memasuki wilayah Venezuela. Berdasarkan teks yang dikeluarkan oleh pemerintahan Venezuela, ke tujuh politikus tersebut dinyatakan “telah melakukan aksi teroris dan menginjak-injak HAM”, karena itu dilarang masuk di teritori Venezuela.

Presiden Nicolaz Maduro mengambil keputusan tersebut setelah dalam beberapa hari terakhir menuduh Amerika Serikat berada di belakang rencana kudeta bagi pemerintahannya. Menurut hasil penemuan Maduro, yang tidak dipublikasikan secara detail, Amerika Serikat mendorong pemerintah oposisi di Venezuela untuk melakukan kudeta. Sementara Amerika Serikat menyatakan bahwa tuduhan-tuduhan tersebut tidak benar atau kebohongan belaka.

Hubungan bilateral Amerika Serikat dan Venezuela sangat tegang dalam beberapa minggu terakhir. Namun sejak tahun 2010 lalu hubungan bilateral kedua negara dijalankan dalam sebuah hubungan minimalis, ketika kedua negara menarik duta besar mereka dari masing-masing negara. Ketegangan diplomasi semakin meruncing dalam beberapa minggu terakhir karena Washington memberikan sanksi kepada para diplomat atau pejabat pemerintah Venezuela yang terlibat dalam aksi kekerasan melawan demonstrasi mahasiswa sejak tahun lalu. Sanksi tersebut diikuti dengan menolak memberikan visa bagi diplomat atau pejabat pemerintah Venezuela masuk ke Amerika Serikat. 



Sumber berita: Infobae

0 comments:

Post a Comment

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Sweet Tomatoes Printable Coupons