Monday, 2 March 2015

SEPULUH NARKOTRAFIK TERKAYA YANG PERNAH ADA


Peredaran narkoba menjadi berita utama dalam sebulan terakhir. Narkoba tidak hanya berbahaya bagi kesehatan (kurang lebih 40 orang di Indonesia meninggal tiap hari karena narkoba) tetapi juga berbahaya secara politis dan ekonomis karena berbahaya bagi masyarakat. Kekayaan yang dimiliki oleh bandar narkoba ternyata bisa menjadi ancaman serius bagi pemerintahan dan masyarakat yang bisa menimbulkan aksi kekerasan seperti yang sekarang ini sedang berlangsung di berbagai negara di Amerika Latin. Berikut ini adalah daftar 10 orang bandar narkoba yang paling kaya di muka bumi ini.

Yang pertama adalah Pablo Escobar. Pablo Escobar dikenal sebagai kartel narkoba dari kota Medellin - Kolombia. Kekayaan yang dimilikinya ditaksir mencapai US$ 30.000 juta. (Bandingkan saja US$ 1 juta = RP. 12 miliar kalau US$ 1 = Rp. 12.000; kalau US$ 30.000 juta berarti setara dengan 360 triliun rupiah). Aksi kekerasan dan amalnya juga dikenal oleh masyarakat. Dia tidak segan-segan membunuh mereka yang menghalangi kegiatan penjualan narkobanya dan juga tidak segan-segan menolong masyarakat miskin yang membutuhkan pertolongannya. Kejahatan terorganisasi dan kekuatan keuangan yang dimilikinya menjadi momok yang paling ditakuti di Kolombia sejak 1980-an. Karena aksi kekerasannya, Pablo Escobar menjadi orang yang paling dicari dalam dunia kriminalitas bukan saja di Kolombia tetapi juga di Amerika Selatan dan Amerika Serikat. Dia meninggal dunia tanggal 2 Desember 1993, setelah ditembak oleh 12 orang polisi khusus yang menemukan tempat persembunyiannya di Medellin.
 

Yang kedua adalah Amado Carrillo Fuentes. Pemimpin cartel de Juarez di Meksiko ini ditaksir memiliki kekayaan sebanyak US$ 25.000 juta. Pemimpin cartel yang dikenal sebagai “Sr. de los Cielos” (Tuan dari surga) ini meninggal dunia pada tanggal 4 Juli 1997 di sebuah rumah sakit di Meksiko dalam operasi wajah yang besar supaya wajahnya tidak dikenal publik. Ke empat dokter yang melakukan operasi wajah Carrillo dituduh membunuh Carrillo dan ke empatnya meninggal terbunuh empat bulan setelah kematian Carrillo.
 

Yang ketiga adalah Dawood Ibrahim Kaskar. Dawood Ibrahim Kaskar berkebangsaan India. Diperkirakan memiliki kekayaan sebanyak US$ 7.000 juta. Dia satu-satunya orang yang kaya karena narkotrafik yang masih hidup. Dia juga dituduh oleh Amerika Serikat memiliki jaringan dengan Al-Qaeda dan berbagai jaringan teroris lainnya.
 

Yang keempat adalah ketiga bersaudara: Jorge, Juan David dan Fabio Ochoa. Ketiganya adalah pendiri kartel Medellin (bersama Pablo Escobar). Mereka bertanggungjawab dalam hal logistik dan pengiriman narkoba ke Amerika Serikat dan Eropa. Kekayaan masing-masing mereka diperkirakan mencapai US$ 6.000 juta.
 

Yang kelima adalah Khun Sa. Khun Sa lebih dikenal sebagai “Raja Opium”. Khun membawahi kurang lebih 10.000 orang yang terlibat dalam kartel opium di Sunga Mae Hong Song sampai Mae Sai di perbatasan Birma dan Thailand. Dia sendiri diperkirakan memiliki kekayaan kurang lebih US$ 5.000 juta. Khun Sa tidak pernah ditangkap dan meninggal dunia tahun 2002.
 

Yang keenam adalah Jose Gonzalo Rodriguez Gacha. Gonzalo adalah salah satu pendiri kartel Medellin. Dia dikenal sebagai pionir menggunakan daerah peternakannya di Meksiko sebagai tempat lewat narkoba ke Amerika Serikat. Dia diperkirakan memiliki kekayaan sebanyak US$ 5.000 juta. Dia meninggal tahun 1989.
 

Yang ketujuh: Gilberto dan Miguel Orejuela. Kedua bersaudara ini adalah pendiri Kartel Cali. Pada zaman mereka, kurang lebih 70% pengiriman kokain ke Amerika Serikat berada di bawah kontrol mereka berdua. Masing-masing mereka diperkirakan memiliki kekayaan kurang lebih US$ 3.000 juta.
 

Yang kedelapan adalah Carlos Lehder. Carlos Lehder terkenal sebagai pengedar narkoba di Kepulauan Bahamas. Dia bahkan memiliki sebuah pulau yang dijadikan pusat peredaran kokain ke Amerika Serikat. Carlos yang mendekam dalam penjara dengan hukuman selama 55 tahun ini diperkirakan memiliki kekayaan sebesar US$ 3.000 juta.
 

Yang kesembilan adalah Griselda Blanco.  Perempuan yang dikenal sebagai “Ratu Miami” merupakan bandar kokain dari Kolombia di Miami. Peredaran narkoba di Miami dan Amerika Serikat membuatnya menjadi seorang perempuan yang terkaya karena peredaran kokain dengan total kekayaan kurang lebih US$ 2.000 juta. Dia meninggal tertembak di Medellin Kolombia tahun 2012.
 

Yang kesepuluh adalah Al Capone. Al Capone dikenal sebagai kepala geng terkenal di seluruh dunia. Al Capone diperkirakan mengontrol peredaran alcohol dan narkoba  dan memperoleh pendapatan kurang lebih US$ 1.000 juta.

Dari berbagai sumber.


0 comments:

Post a Comment

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Sweet Tomatoes Printable Coupons