Wednesday, 4 February 2015

KARNAVAL AMERIKA LATIN


Anda pasti sudah dengar kata “carnaval” bukan? Bagi negara-negara di Amerika Latin “carnaval” adalah darah daging kebudayaan mereka. Tidak ada tahun yang dilewati tanpa karnaval.

Karnaval di Amerika Latin umumnya dirayakan antara bulan Februari atau Maret. Kenapa? Karena perayaan ini biasanya dirayakan satu minggu sebelum memasuki masa puasa orang Katolik yang biasanya jatuh antara Februari dan Maret. Karnaval sendiri berasal dari kata “carne” yang artinya daging. Perayaan karnaval tujuan utamanya adalah “melepaskan hal-hal yang berbau ‘kedagingan’”, sehingga mereka bisa memasuki masa puasa dengan hati yang bersih, jauh dari keinginan-keinginan daging.


Tahun 2015 perayaan karnaval di Amerika Latin umumnya dilaksanakan minggu pertama dan kedua bulan Februari. Beberapa perayaan karnaval yang menjadi atraksi turis paling menarik antara lain Karnaval Andino di Arica, Chili; Karnaval Barranquilla di Kolombia; Karnaval Salvador de Bahia dan Rio de Janeiro di Brasil; Karnaval Veracruz di Meksiko. Atraksi karnaval ini menjadi daya tarik turis paling besar di bulan Februari atau Maret.


Karnaval Andino di Arica yang dikenal sebagai karnaval “Con la Fuerza del Sol” sudah mulai sejak tanggal 30 Januari kemarin diiringi oleh 10.000 penari, 3.000 pemusik dan 62 parade mobil yang dihiasi berbagai jenis hiasan. Karnaval kebudayaan Barranquilla di Kolombia dilakukan pada tanggal 14 sampai 17 Februari dimeriahkan dengan lebih dari 140 parade kendaraan hias. Sementara di Brasil karnaval ini akan diikuti oleh ribuan penari dari sekolah tari samba yang diikuti oleh jutaan orang yang menari, bernyanyi dan berpesta.

Anda mau menikmati indahnya menari samba, bernyanyi dan berpesta sebuah karnaval? Datanglah ke Amerika Latin. Hampir setiap negara memiliki karnavalnya masing-masing. Mungkin yang terkenal adalah di Rio de Janeiro, di Arica Chili, Barranquilla Kolombia, tetapi pada umumnya hampir di semua kota di Amerika Latin dirayakan karnaval dalam tingkatan yang berbeda. 

BSD, 4 Februari 2015
Benny Kalakoe

0 comments:

Post a Comment

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Sweet Tomatoes Printable Coupons