Monday, 9 February 2015

EMIGRASI MENINGKAT, MASYARAKAT KUBA DI AS CEMAS


Normalisasi hubungan Amerika Serikat dan Kuba telah meningkatkan jumlah emigrasi masyarakat Kuba ke Amerika Serikat. Situasi ini meresahkan masyarakat Kuba di Amerika Serikat yang selama ini mendapat keuntungan dari hukum imigrasi Amerika Serikat bagi masyarakat Kuba, misalnya masyarakat Kuba yang sampai ke Amerika Serikat otomatis mendapat visa selama satu tahun dari pemerintahan Amerika Serikat. Hukum tersebut dikenal sebagai “hukum penyesuaian bagi orang Kuba”.

Statistik menunjukkan bahwa jumlah orang Kuba ke Amerika semakin meningkat tajam, Penjaga pantai Amerika menerima kurang lebih 481 orang Kuba yang datang dengan kapal atau rakit. Jumlah ini meningkat 117% bila dibandingkan dengan jumlah total selama satu tahun lalu. Di pelabuhan udara Miami dan perbatasan Amerika Serikat dengan Meksiko, jumlah orang Kuba yang mencari suaka di Amerika meningkat menjadi 8.624 orang dalam tiga bulan terakhir. Sebuah peningkatan sebanyak 65% bila dibandingkat tahun sebelumnya.

Meningkatnya arus emigrasi orang Kuba ke Amerika Serikat membuat orang Kuba di Amerika Serikat merasa cemas akan keistimewaan yang mereka terima dari hukum imigrasi Amerika Serikat. Walaupun pihak imigrasi Amerika Serikat masih terus menyatakan bahwa hukum imigrasi untuk orang Kuba belum berubah.

Ketika para diplomat Amerika Serikat pergi ke Kuba minggu lalu untuk berbicara tentang masalah migrasi dengan pemerintahan Kuba, mereka tidak menyinggung masalah “keuntungan” yang diterima oleh orang Kuba kalau ke Amerika Serikat. Sementara pihak Kuba secara tegas menyatakan bahwa mereka menolak “Hukum Penyesuaian terhadap orang Kuba”. Masyarakat Kuba di Amerika Serikat merasa bahwa bisa saja perlakuan khusus yang mereka terima selama ini bisa saja dilepas oleh pemerintah Amerika Serikat tanpa harus merubah hukum yang sudah ada. 

0 comments:

Post a Comment

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Sweet Tomatoes Printable Coupons