Friday 2 January 2015

VENEZUELA-BRASIL: TINGKATKAN KERJASAMA EKONOMI DALAM MENGHADAPI KRISIS


Harga minyak dunia (petroleum) yang menurun membuat perekonomian Venezuela sangat terguncang. Negara yang perekonomiannya sangat bergantung pada eksploitasi dan ekspor minyak terpaksa harus menemukan model perekonomian lain yang tidak bergantung hanya pada penjualan minyak.

Karena itu, Presiden Nicolas Maduro, dalam kunjungannya ke Brasil, dalam rangka pengangkatan Dilma Rosseff sebagai Presiden Brasil yang baru, mulai membangun relasi bilateral yang tidak lagi bertumpu pada politik petroleum tetapi mulai mengembangkan sektor-sektori perekonomian lain yang bisa dikembangkan di Venezuela. Maduro menegaskan bahwa perencanaan perekonomian Venezuela di tahun 2015 difokuskan untuk mengeluarkan Venezuela dari resesi ekonomi yang sudah berjalan cukup lama di Venezuela.

Dalam rapat bilateral selama setengah jam dengan Presiden Dilma Rousseff, Presiden Nicolas Maduro meminta supaya kerjasama ekonomi antara Brasil dan Venezuela mulai dikembangkan di berbagai level khususnya dalam bidang industrialisasi, investasi dan kerjasama teknologi, pertanian, dan farmasi. Kerjasama tersebut merupakan tindaklanjut kerjasama yang sudah dirintis dalam Mercosur dan  juga dalam relasi bilateral yang sudah dibangun selama ini. Selain itu Rousseff dan Maduro berjanji untuk meneruskan kembali pertemuan triwulan antara pemimpin Brasil dan Venezuela, seperti yang sudah dibuat oleh Lula dan Hugo Chavez sebelumnya. Diharapkan pertemuan triwulan tersebut bisa mengembangkan relasi bilateral dan perekonomian kedua negara besar tersebut.

Nicolas Maduro mengharapkan bahwa krisis atau resesi ekonomi yang dialami oleh Venezuela sekarang ini bisa menjadi alat pacu bagi masyarakat Venezuela dan pemerintahan Venezuela untuk melihat peluang lain bagi perkembangan perekonomian Venezuela. Karena itu dia mengajak Brasil yang sudah menjadi sekutunya untuk mulai membuka usaha atau berinvestasi di Venezuela. 

BSD Indonesia
Tangerang

0 comments:

Post a Comment

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Sweet Tomatoes Printable Coupons