Thursday, 18 December 2014

NORMALISASI KUBA-USA DAN CERUTU HABANOS


Normalisasi hubungan bilateral dalam hal perjalanan wisata antara Amerika Serikat dan Kuba merupakan kabar yang menggembirakan bagi masyarakat Amerika Latin terutama bagi masyarakat Kuba dan Amerika Serikat.


Bagi para pelancong Amerika Serikat, Kuba adalah salah satu surga wisata lautan Karibe yang menarik, murah dan dekat. Karena itu normalisasi hubungan bilateral mampu membuat arus wisata kedua negara semakin meningkat. Bagi masyarakat Amerika Serikat, Kuba tidak hanya dikenal sebagai pusat salsa atau baseball tetapi juga terkenal karena cerutu Kuba yang dikenal sebagai Habanos. Apalagi para turis dari Amerika Serikat dibolehkan membawa barang hasil belanjaan dari Kuba sampai sebanyak US$ 100 untuk alkohol dan cerutu (rokok) dan sampai US$ 400 selain cerutu dan alkohol. Barang-barang tersebut tidak untuk diperjualbelikan di Amerika Serikat, melainkan untuk kebutuhan atau konsumsi pribadi.



Menurut pemerintahan Kuba, jika pembatasan ini tidak ada maka kemungkinan besar Kuba akan mendapat kurang lebih US$ 400 juta hanya dari penjualan cerutu premium ke Amerika Serikat. Karena menurut penelitian mereka masyarakat Amerika Serikat adalah konsumen terbesar cerutu habanos atau cerutu premium Kuba. Sebanyak 70% dari total penjualan cerutu habanos Kuba berada di Amerika Serikat. Selama ini para peminat cerutu habanos harus membeli cerutu tersebut dari negara-negara lain atau di airport internasional karena penjualannya dilarang. Normalisasi hubungan bilateral membuat peredaran cerutu tersebut menguntungkan bagi kedua negara, terutama bagi penjualan cerutu habanos dari Kuba dan konsumen cerutu di Amerika Serikat.

0 comments:

Post a Comment

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Sweet Tomatoes Printable Coupons