Wednesday, 29 October 2014

USA TETAP EMBARGO KUBA


Untuk yang keduapuluh tiga kalinya sejak tahun 1992 Sidang Dewan PBB menyatakan sikapnya untuk mencabut blokade ekonomi yang diterapkan Amerika Serikat kepada Kuba. Dalam sidang tersebut Israel dan Amerika Serikat menolak pencabutan blokade tersebut. Sebelum melakukan voting atas pencabutan blokade tersebut, negara-negara Non-Blok, Mercosur, CELAC, Uni Eropa, dan negara-negara besar sepert China, Rusia, India, Kolombia, Meksiko, Venezuela menyatakan bahwa blokade tersebut tidak menyelesaikan masalah antara Kuba dan Amerika Serikat bahkan membawa efek negatif bagi pembangunan di kedua negara. Dalam resolusi PBB yang berjudul, “Pentingnya mengakhir blokade ekonomi, perdagangan dan keuangan oleh Amerika Serikat kepada Kuba”, sebanyak 188 negara menyatakan setuju untuk mencabut blokade, sementara 2 negara menolak (USA dan Israel) serta tiga negara lain abstain.
Menlu Kuba menyatakan bahwa blokade tersebut telah mengakumulasikan kerugian sekitar US$ 1 milyar dan membiarkan masyarakat Kiba tidak dapat berkembang dan membangun negaranya dengan baik. Dia menjalaskan bahwa hampir 70% masyarakat Kuba sekarang ini lahir dan menderita dibawah era blokade tersebut. Tidak hanya itu blokade tersebut juga membawa pengaruh negatif bagi Amerika Serikat. Menlu Kiba meminta Amerika Serikat untuk membuka sebuah relasi baru di mana asas saling menghormati, kesetaraan berdasarkan hak-hak internasional dan Dekrit yang dibuat oleh PBB bisa diterapkan.
Beberapa negara memuji peran yang dilakukan Kuba dalam kancah internasional yang mengirimkan ratusan tenaga medisnya untuk membantu membasmi wabah Ebola di Afrika. Sementara wakil Amerika Serikat menyatakan bahwa pengiriman bantuan medis ke Afrika oleh Kuba tidak serta merta memaafkan atau menghilangkan perbuatan rezim Kuba kepada masyarakatnya sendiri. Bagi USA, resolusi yang dilakukan PBB ini hanya mengecohkan masalah-masalah riil yang dihadapi oleh masyarakat Kuba.

0 comments:

Post a Comment

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Sweet Tomatoes Printable Coupons