Wednesday, 22 October 2014

MASA LALU DAN SEKARANG DALAM WARNA ARSITEK MODERNITAS AMERIKA LATIN


Amerika Latin tidak hanya terkenal karena tempat-tempat pariwisatanya yang terkenal seperti Machu Picchu, Teotihuacan, Patagonia, Iguazu, Salto del Angel dan sebagainya. Tetapi salah satu hal yang paling menarik adalah bagaimana modernitas membentuk sebuah arsitek baru dimana budaya masa lalu dan sekarang berdiri berdampingan dalam berbagai warna modernitas.

Kalau anda menelusuri kota Antioquia di Kolombia anda akan merasakan indahnya berjalan di tengah-tengah rumah tua yang dicat dengan berbagai warna dan hampir di setiap sudut jalan akan melihat bunga hidup. Suhu udara sekitar 22 derajat Celcius membuat orang memilih untuk berjalan kaki dan tidak tahan rasanya untuk mengambil foto hampir di setiap jalan yang dilalui.

Hampir 12 tahun yang lalu saya masih ingat penelusuran singkat saya di Guanajuato Meksiko. Guanajuato adalah salah satu kota terindah di Meksiko sehingga setiap tahun di tempat ini biasa diadakan Festival Seni Internasional (biasanya bulan Oktober). Di kota ini ada banyak hal yang bisa dinikmati. Kalau anda seorang pecinta arsitek sebaiknya anda ke tempat ini. Karena berbagai model rumah kolonial, plaza, taman, sudut kota berbaris indah berdampingan di semua bagian kota. Hal yang paling menarik adalah jalan-jalan setapak di antara perumahan tua tersebut dicat dengan warna-warni yang menarik. (Bisa lihat film El Estudiante” yang menempatkan keindahan arsitektur Guanajuato dalam layar lebar).

Mungkin anda juga pernah ke Rio de Janeiro. Kalau menyebut Rio de Janeiro mungkin orang langsung berpikir tentang pantainya yang eksotik, bola kaki gaya samba, tarian samba dan kehidupan malam yang hingar bingar. Tetapi dari sisi arsitektur yang menarik dari kota Rio de Janeiro adalah bagaimana membangun sebuah kota modern yang menggabungkan laut, pegunungan, danau dan modernitas tanpa meninggalkan budaya masyarakat Brasil. Patung Kristus Penebus, Istana Copacabana, Taman Botani dan Museum Seni Modern menunjukkan arsitektur kota yang mempertemukan masa lalu dan sekarang, budaya dan ekonomi berpadu membentuk ikon Rio de Janeiro.

Benny Kalakoe: dari berbagai sumber

0 comments:

Post a Comment

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Sweet Tomatoes Printable Coupons