Thursday, 23 October 2014

BURRI: MENGHIDUPKAN CHE GUEVARA LEWAT FOTO


Anda kenal Rene Burri? Rene Burri adalah fotografer asal Swiss yang mengabadikan berbagai foto terkenal dalam dunia fotografi seperti Picasso, Giacommeti dan Che Guevara. Fotografer yang baru saja meninggal dunia tanggal 20 Oktober 2014 ini meninggalkan foto yang menghidupkan Che Guevara yang sudah lama meninggal di pedalaman Bolivia puluhan tahun yang lalu.

Rene Burri yang lahir di Zurich tahun 1933 meninggal dunia setelah lama menderita sakit. Sejak tahun 1953 dia mulai mengembangkan talentanya dalam hal berfoto dan menghasilkan berbagai foto yang mencengangkan dunia. Sebagai wartawan foto dia pernah meliputi Perang Korea, Revolusi Kuba dan Perang Vietnam. Sebanyak kurang lebih 30.000 foto koleksinya diserahkan ke Museum Elysee Lausanne.

Karya awal yang membuatnya terkenal di seluruh dunia adalah laporan tentang mutilasi infantil, “Touch of music for the deaf” yang dipublikasikan dalam Majalah “Life”. Sejak tahun 1956 Burri mulai menelusuri dunia mulai dari Timur Tengah kemudian akhirnya tiba di Amerika Latin dimana dia mengabadikan berbagai foto tentang “karet” yang dipublikasikan dalam Majalah “Du” tahun 1959.

Salah satu foto hasil karyanya yang dikenal banyak kalangan muda di dunia adalah foto Che Guevara yang menikmati cerutu saat diwawancara oleh seorang wartawan dari Amerika Serikat, seperti yang anda lihat di atas. 

Selamat jalan Burri, engkau sudah mengabadikan dunia ini dengan berbagai foto bersejarah! RIP!

Benny Kalakoe

0 comments:

Post a Comment

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Sweet Tomatoes Printable Coupons