Tuesday, 21 October 2014

AMERIKA LATIN PERLU TINGKATKAN INVESTASI INFRASTRUKTUR


Menurut Komisi Ekonomi Amerika Latin dan Karibe PBB (CEPAL), negara-negara Amerika Latin telah menginvestasikan 2,7% dari PBI tahunan mereka dalam bidang infrastruktur. Menurut CEPAL jumlah ini sebenarnya sudah cukup untuk ikut bersaing dalam ekonomi global. Namun demikian CEPAL mengingatkan supaya negara-negara Amerika Latin bisa bersaing dalam perekonomian global hendanknya investasi di wilayah ini bisa mencapai 6.2% dari PBI antara tahun 2012 sampai tahun 2020.

Dalam tahun 2012 lalu saja rata-rata investasi regional dalam empat sector kunci infrastruktur (transportasi, telekomunikasi, energy, air dan layanan kesehatan) mencapai 3,49%. Jumlah ini masih jauh dari yang diharapkan untuk sebuah pembangunan yang lebih baik. Costa Rica merupakan negara yang paling banyak melakukan investasi dalam bidang infrastruktur yakni 5,47% dari PBI. Kemudian diikuti oleh Bolivia, Peru dan Brasil dengan rata-rata 4,5%.

Menurut CEPAL, investasi dalam bidang infrastruktur berpengaruh dalam meningkatkan kualitas layanan public dan mengurangi biaya logistik, memperbesar akses kepada layanan finansial dan pekerjaan bagi masyarakat. Selain itu mengembangkan investasi dibidang infrastruktur juga bermanfaat bagi penyamarataan kesejahteraan, inklusi dan pembangunan yang berkelanjutan. 

Sumber: Portafolio (Kolombia)

0 comments:

Post a Comment

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Sweet Tomatoes Printable Coupons