Thursday, 19 June 2014

SANTOS DAN DILMA: MENDEKATKAN ALIANSI PASIFIK DAN MERCOSUR

Presiden Kolombia, Juan Manuel Santos, melakukan pembicaraan serius dengan Presiden Brasil, Dilma Rousseff di sela-sela kegiatannya untuk menyaksikan secara langsung pertandingan bola kaki antara Kolombia vs Pantai Gading, Kamis, tanggal 19 Juni 2014.


Dalam pertemuan tersebut mereka membicara hubungan bilateral kedua negara dan situasi regional, khususnya mendekatkan Aliansi Pasifik (yang terdiri dari negara Chile, Peru, Kolombia, Costa Rica dan Meksiko) dengan Mercosur (yang terdiri dari negara Brasil, Argentina, Uruguay, Venezuela, Bolivia dan Paraguay).

Santos menyatakan bahwa Aliansi Pasifik bukan merupakan tandingan atau lawan dari Mercosur. Justru kalau kedua organisasi tersebut bisa disinergiskan maka keduanya akan bermanfaat bagi masyarakat di Amerika Latin. Mercosur dan Aliansi Pasifik menurutnya bisa saling melengkapi dan tidak ada persaingan antara keduanya. Mercosur belakangan ini memang dijejali berbagai kritikan karena ketidakmampuan negara anggotanya untuk melakukan kerjasama dengan organisasi lain di kawasan ini.

Santos juga menyatakan bahwa Presiden Dilma Rousseff mendukung rencananya untuk memperbaiki hubungan antara Mercosur dan Aliansi Pasifik. Di lain pihak Rousseff juga mendukung dialog untuk mencari perdamaian di Kolombia. Perundingan damai Kolombia dengan FARC dan ELN diharapkan mencapai kesepakatan yang membawa kedamaian di Kolombia dan Amerika Latin seluruhnya.

Selain itu mereka juga berbicara untuk meningkatkan perdagangan bilateral antara kedua negara. Keseimbangan perdagangan bilateral selama tahun 2013 lalu antara Brasil dan Kolombia mencapai US$ 4.200 juta. Mereka berusaha melakukan investasi yang saling menguntungkan bagi kedua negara tersebut. 

Dari berbagai sumber
Benny Kalakoe
20 Juni 2014

0 comments:

Post a Comment

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Sweet Tomatoes Printable Coupons