Tuesday, 17 June 2014

PEREMPUAN AL: FANS FUTBOL SEXY, BURUH DAN PRESIDEN

Menonton Piala Dunia di Brasil 2014 tidak terlepas dari foto-foto perempuan Brasil atau Amerika Latin yang begitu semangat mendukung tim-tim kesayangan mereka. Foto-foto sexy perempuan cantik Brasil atau Amerika Latin sudah sejak dulu menjadi pusat perhatian dunia selain berbicara tentang bola kaki itu sendiri.


Namun berbicara tentang perempuan dan bola kaki di Brasil atau Amerika Latin tidak bisa terlepas dari situasi perempuan di Amerika Latin umumnya. Hal yang paling menarik adalah wilayah Amerika Latin menjadi wilayah yang paling banyak dipimpin oleh perempuan. Bahkan calon-calon presiden perempuan pun sangat banyak. Di Indonesia capres atau cawapres perempuan cuman anaknya Soekarno, Megawati Soekarno Putri. Sampai sekarang ini ada empat presiden perempua di wilayah ini: Presiden Brasil: Dilma Rousseff, Presiden Argentina: Cristina Fernández de Kirchner, Presiden Chile: Michelle Bachelet, Presiden Costa Rica: Laura Chinchilla.

Lalu bagaimana situasi umum perempuan Amerika Latin? Kantor Regional ILO PBB menyatakan bahwa 52,9% perempuan Amerika Latin adalah pekerja (dari mereka yang sudah memiliki umur sebagai pekerja). Hal ini disebabkan oleh berkembangnya pendidikan di wilayah Amerika Latin khususnya pendidikan bagi kaum perempuan. Sebanyak 53,7% perempuan yang aktif bekerja memiliki minimal 10 tahun dalam proses pendidikan, dan 22,8% dari jumlah tersebut menyelesaikan pendidikan Perguruan Tinggi atau Universitas. Di Brasil dan Argentina misalnya, lebih banyak perempuan yang masuk perguruan tinggi daripada laki-laki sekarang ini.  


Walaupun demikian, dari data piramid pekerja, para pemimpin perusahaan-perusahaan terkenal di Amerika Latin masih dipimpin oleh laki-laki. Hanya 1,8% perusahaan dari sekian banyak perusahaan besar Amerika Latin yang dipimpin oleh perempuan. Brasil tergolong negara dengan pemimpin perusahaan besar terbesar, misalnya Petrobras yang dipimpin oleh Maria das Gra├žas Foster dan 6 perusahaan besar lainnya dari sekitar 500 perusahaan besar yang dimiliki Brasil.

Keterlibatan perempuan dalam bidang politik legislatif sangat berkembang pesat di Amerika Latin, bahkan mengalahkan perkembangan di negara-negara maju sekalipun. Misalnya, Costa Rica dan Argentina memiliki hampir 40% anggota Dewan Perwakilan Rakyat perempuan, sementara Amerika Serikat hanya 17%.

Walaupun sudah bisa dilihat bahwa kaum perempuan sudah mulai mengontrol pekerjaan yang dilakukan di Amerika Latin, namun perlakuan diskriminatif masih bisa dirasakan. Sebuah jajak pendapat yang dilakukan terhadap 20.000 perempuan pekerja di Argentina, Chile, Kolombia dan Meksiko menunjukkan bahwa 64% perempuan masih merasakan perlakuan diskriminatif dalam pekerjaan mereka sementara 34% merasakan bahwa mereka menikmati pekerjaan mereka tanpa diskriminasi. Hal diskriminasi yang paling dirasakan adalah gaji. Gaji perempuan masih di bawah gaji kaum lelaki. Sebanyak 33% perempuan menduduki jabatan profesional yang memiliki gaji yang paling baik (arsitektur, pengacara dan insinyur teknik) namun di bidang ini perbedaan gaji antara perempuan dan laki-laki justru yang paling besar yakni sampai 58%. Hal ini disebabkan karena kebanyakan perempuan bekerja paruh waktu, karena mereka harus membagi waktu antara pekerjaan kantor dengan tanggung jawab yang harus mereka emban terhadap anak dan keluarga.


Dalam hal jiwa kewirausahaan perempuan-perempuan Amerika Latin masih harus berjuang. Berdasarkan laporan The Economist Intelligence Unit dinyatakan bahwa sebagian besar perusahaan yang dipimpin oleh kaum perempuan di Amerika Latin tidak keluar dari perusahaan-perusahaan kecil yang mereka pimpin. Menurut laporan tersebut masalah sesungguhnya yang dihadapi oleh para perempuan dalam hal kewirausahaan bukan masalah hukum atau peraturan melainkan murni masalah kebudayaan dan keuangan. Tidak mengherankan sebanyak 23% perempuan memimpin perusahaan-perusahaan kecil dan hanya 9% yang berani memimpin perusahaan-perusahan besar. 

Benny Kalakoe 
18 Juni 2014

0 comments:

Post a Comment

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Sweet Tomatoes Printable Coupons