Thursday, 3 October 2013

KUNJUNGAN WISATA DI AMERIKA TENGAH SEMAKIN MENINGKAT


Amerika Tengah merupakan salah satu wilayah dengan potensi pariwisata yang besar di benua Amerika karena kekayaan budaya dan geografisnya. Pada tahun 2012 , Guatemala , El Salvador , Nikaragua , Honduras , Kosta Rika dan Panama dibanjiri kunjungan wisatawan yang begitu besar yang menunjukkan bahwa dengan strategi yang tepat dalam bidang pariwisata, wilayah ini akan mampu membuat perkembangan masyarakat dari sektor pariwisata berjalan dengan pesat juga.  

Berbagai tempat wisata menarik, seperti taman atau hutan lindung , museum , situs arkeologi , pantai yang jernih dan bahkan masakan khas wilayah enam negara Amerika Tengah ini, menjadi daya tarik yang besar bagi begitu banyak turis mancanegara.  



Berdasarkan penelitian yang dibuat oleh Transhotel - Hosteltur , peningkatan harga rata-rata reservasi hotel di Benua Amerika dipimpin oleh Amerika Tengah dengan rata-rata 34% , kemudian Amerika Utara sebanyak dengan rata-rata18 % dan Amerika Selatan dengan rata-rata 14 % .

Wisata yang diikuti oleh rapat atau pertemuan internasional juga meningkat tajam di wilayah ini terutama untuk negara Kosta Rika dan Panama. Menurut sebuah studi yang dilakukan oleh Amadeus ,  wisata yang diikuti perjalanan bisnis dalam hal pembelian tiket pesawat meningkat sebesar 70% belum dihitung dengan lamanya turis tinggal di hotel.

Meningkatnya jumlah turis yang datang juga harus dibarengi dengan peningkatan kualitas pelayanan akan kebutuhan para turis, bukan hanya dalam hal memilih tujuan atau tempat wisata tetapi juga kegiatan-kegiatan wisata yang harus dikemas menjadi lebih menarik. Untuk meningkatkan pelayanan kepada para turis maka diberikan beberapa solusi oleh agen perjalanan untuk memperbaiki pelayanan mereka misalnya layanan teknologi yang bisa menginformasikan dengan lebih jelas rute perjalanan wisata. Banyak wisatawan asing sekarang ini mencari agen perjalanan yang bisa memberikan informasi perjalanan secara online dan memberi kemungkinan untuk berkomunikasi dengan mereka baik sebelum, selama maupun setelah perjalanan wisata dilakukan.

Pelayanan yang baik membuat para turis melewatkan lebih banyak waktu di tempat wisata. Rata-rata lamanya turis tinggal di tempat wisata di Amerika Tengah meningkat sebesar 8% dengan rata-rata selama 3,5 hari.





0 comments:

Post a Comment

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Sweet Tomatoes Printable Coupons