Sunday, 3 February 2013

GEMA KTT CELAC UNI EROPA DAN KTT FORUM EKONOMI DUNIA


Sementara perusahaan-perusahaan besar, akademisi dan pemerintah dari seluruh dunia bertemu dalam World Economic Forum di Davos, Swiss, para kepala negara dari Eropa dan Amerika Latin bertemu dalam Pertemuan Pertama Komunitas Negara-Negara Amerika Latin dan Karibe dengan Uni Eropa di Santiago, Chile. Jika Perdana Menteri Inggris David Cameron dan Perdana Menteri Italia Mario Monti memilih untuk mengikuti pertemuan di Davos, Angela Merkel dari Jerman memilih untuk berpartisipasi dalam kedua pertemuan penting tersebut. Setelah mengikuti rapat di Davos, Kansiler Jerman tersebut mengikuti KTT CELAC dan Uni Eropa di Santiago, Chile.


Kedua KTT tersebut dipenuhi berbagai diskursus, wawancara, deklarasi dan penandatanganan perjanjian kerjasama. Kedua KTT tersebut juga diwarnai kegiatan perlawanan baik yang resmi maupun tidak resmi. Aksi protes juga mewarnai kedua KTT penting tersebut. Selain itu, kedua KTT juga menghabiskan dana yang tidak sedikit. Hanya untuk keamanan KTT di Davos menghabiskan US$ 30 juta dengan 3.300 polisi penjaga keamanan. Sementara di Santiago, pemerintah Chile memobilisasikan kurang lebih 5000 polisi untuk menjaga 2.500 orang yang hadir rapat tersebut.

KTT Davos mempertemukan para milioner ternama di dunia seperti Bill Gates, sementara Santiago dihadiri oleh kepala-kepala negara. Kepala-kepala negara Eropa antara lain Angela Merkel dan Mariano Rajoy, dan hampir semua kepala negara Amerika Latin dan Karibe juga hadir. Sebanyak 60 negara berpartisipasi dalam KTT di Santiago, yang dihadiri oleh 43 kepala negara. Kepala Negara Brasil, Dilma Rousseff harus mempersingkat kehadirannya di Santiago Chile karena kecelakaan kebakaran sebuah diskotik di Santa Maria yang menelan korban 233 orang meninggal dunia.

KTT CELAC dan UE di Santiago berhasil menandatangani sekitar 30 perjanjian ekonomi dan perdagangan, yang sebagian besar adalah perjanjian bilateral, yang beberapa diantaranya akan membawa hasil setelah perjanjian tersebut diimplementasikan. Dalam rapat tersebut juga hangat dibicarakan tentang integrasi regional serta kemauan Angela Merkel untuk bertemu dengan Presiden Brasil dan Argentina untuk mempercepat perjanjian perdagangan bebas antara Uni Eropa dan MERCOSUR. Selain itu juga Angela Merkel dan Uni Eropa berusaha untuk melakukan perjanjian perdagangan bebas dengan berbagai negara di Amerika Latin dan Karibe.

Dampak politik yang sangat kuat dari KTT Santiago Chile adalah ketidakhadiran Amerika Serikat dalam KTT tersebut. Tekanan politik, ekonomi dan militer yang dimiliki Amerika Serikat dalam berbagai rapat internasional, di mana kehadirannya bisa mempersulit atau menghilangkan prioritas atau kemungkinan dialog dan pertemuan antara negara-negara anggota KTT. Presiden Uruguay, Josè Mujica, menyatakan, “Kita harus menunggu hampir 80 tahun untuk melakukan pertemuan tanpa Amerika Serikat”. Selain itu hal yang menarik dari KTT Santiago adalah kehadiran Kuba melalui Raùl Castro yang kemudian menjabat sebagai Presiden CELAC selama tahun 2013 ini. Dengan mengambil posisi sebagai pemimpin CELAC, Kuba diharapkan terus mengembangkan reformasi politik dan ekonomi yang sudah mulai dilakukan oleh Raul Castro, misalnya membuka perusahaan-perusahaan swasta dan mengijinkan orang-orang Kuba untuk bepergian ke luar negeri secara bebas. Kuba mendapat dukungan dari berbagai negara di Amerika Latin untuk terus berusaha mengintegrasikan dirinya dengan Amerika Latin dan mempererat kerjasama bilateral dengan berbagai negara di kawasan ini.

Secara singkat, KTT CELAC dan Uni Eropa di Santiago merupakan sebuah berita yang bagus bagi wilayah Amerika Latin. Chile yang menjadi tuan rumah dipromosikan sebagai negara yang sangat terbuka dan berkembang sangat cepat di Amerika Latin dan hampir semua negara yang berpartisipasi dalam KTT ini menandatangani perjanjian bilateral dengan negara-negara anggota lainnya. Namun demikian, diharapkan semua perjanjian tersebut bisa dilaksanakan untuk meningkatkan perekonomian dan kesejahteraan di kawasan ini. Karena pertemuan seperti ini tidak akan membawa banyak manfaat kalau tidak direalisasikan dalam aksi nyata antara negara. Karena itu masyarakat di wilayah ini mengharapkan bahwa kerjasama antara negara semakin membuat masyarakat Amerika Latin makmur dan sejahtera. 

0 comments:

Post a Comment

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Sweet Tomatoes Printable Coupons