Friday 4 January 2013

PARIS DAKAR 2013: 5. PARIS DAKAR: DARI TANTANGAN BIAYA MENUJU TANTANGAN ALAM


Paris Dakkar 2013 akan dimulai hari Sabtu tanggal 5 Januari 2013 dari Lima Peru menuju Chile, Argentina dan kembali ke Chile. Tantangan padang pasir dan Pegunungan Andes yang kering dengan cuaca panas dan dingin serta ketinggian lebih dari 4.000 meter diatas permukaan laut menjadi medan yang harus dilewati oleh para pereli sebelum tiba di garis finis di Santiago Chile. 


Namun demikian, tantangan dari Paris Dakar tidak hanya berasal dari alam tetapi juga tantangan untuk membiayai Paris Dakar itu sendiri tidak kalah sengitnya. Rally Paris Dakar biasanya diikuti oleh empat jenis kendaraan: motor roda dua, motor roda empat, mobil roda empat dan truk. Investasi minimal untuk ikut dalam rally Paris Dakar sebanyak 35.000 Euro. Beberapa tahun lalu  Tim AVTK Spanyol menyatakan bahwa untuk sebuah motor roda dua saja diperlukan dana sebesar 72.000 Euro. Dana yang dibutuhkan ini sangat bergantung pada jenis kendaraan, mesin, pendaftaran, pertolongan medis, akomodasi pergi pulang, tim dan sebagainya. 


Tahun 2010 pereli Argentina Marcos Patronelli menelan 8.500 Euro hanya untuk pendaftaran, 12.000 Euro untuk menyewa sebuah mobil yang akan menemaninya selama rally, dan menghabiskan dana sebesar 12.000 Euro untuk membayar tim teknik Yamaha yang menyertainya. 


Dalam Rally Paris Dakar 2013, biaya yang paling mahal berasal dari kategori truk. Biaya pendaftaran saja sudah bisa menghabiskan hampir 30.000 Euro. Pembayaran ini belum termasuk biaya kendaraan, tim dan layanan lainnya selama rally. Pereli Peru Ferreyros dan Orlandini yang menggunakan bantuan kendaraan truk dari luar negeri menghabiskan dana lebih dari 200.000 Euro.

Rally Paris Dakar memang bukan hanya menantang tetapi juga memakan biaya yang tidak kecil.

0 comments:

Post a Comment

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Sweet Tomatoes Printable Coupons