Tuesday, 10 April 2012

AGUARA: MOBIL LISTRIK PERTAMA BUATAN PARAGUAY

Kalau Indonesia bangga dengan Mobil SMK Solo, masyarakat Paraguay bangga dengan mobil listrik pertama pabrikan Paraguay sendiri dengan nama Aguara yang artinya zorro (rubah). Aguara adalah sebuah mobil jenis Jeep, dengan empat pintu, dan memiliki dua baterai (sumber energi) yang dipersiapkan untuk perjalanan sejauh 200 km tanpa dicharge, dengan kekuatan motor sebesar 40 KV atau sama dengan 50 tenaga kuda.

Mobil ini adalah mobil listrik pertama buatan Paraguay, yang dibuat oleh Perusahaan Itaipú. Merk Aguara ini hampir semua bagiannya dipabrik di Paraguay. Berbeda dengan mobil-mobil sebelumnya yang dibuat oleh Itaipú, hampir semua bagiannya dibuat di Brasil. Selain motor yang didesain dan dibuat di Paraguay, juga chasis dan badan mobil dibuat oleh perusahaan setempat. Logo Aguara sendiri merupakan hasil karya seni pelukis plastik Paraguay Juan Pistilli.

Para teknisi dari Perusahaan Itaipú menyatakan bahwa berat mobil tersebut mencapai 1.600 kg, dengan suspensi di masing-masing roda, juga dilengkapi dengan sebuah komputer sentuh ukuran kecil di bagian dalamnya. Mobil ini memakan biaya US$ 2,28 setiap 100 km, dengan waktu charge bagi kedua baterinya selama 8 jam dengan biaya US$ 4,56.

Pembuatan mobil ini memakan dana sebesar US$ 60.000. Namun diharapkan harga ke masyarakat akan menurun setelah diproduksi secara besar-besaran. Untuk sementara perusahaan Itaipú akan memproduksikan mobil tersebut bagi kepentingan nasional.

Sumber berita: ABC Color (Paraguay)

0 comments:

Post a Comment

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Sweet Tomatoes Printable Coupons