Thursday, 16 February 2012

BOLIVIA: GANTI COCA COLA DENGAN JUS / SIRUP BUAH-BUAHAN NATURAL

Hegemonisasi minuman ringan dan makanan cepat saji Amerika Serikat mendapat tantangan berat dari Bolivia. Setelah McDonald gulung tikar dari Bolivia yang selama lebih dari 10 tahun berada di Bolivia kini perusahaan minuman ringan dari negara Paman Sam tersebut siap-siap juga menghadapi hal yang sama. Kampanye pemerintah untuk menolak hegemonisasi minuman ringan dan makanan cepat saji Amerika Serikat yang dilihat sebagai tidak higienis sampai sekarang terus dilakukan pemerintahan Bolivia.

Wakil Menteri Industri, Camilo Morales, menghimbau masyarakat Bolivia untuk mengkonsumsi jus atau sirup buah-buahan alamiah daripada mengkonsumsi coca-cola. “Semua jenis minuman bergas, dari sudut pandang nutrisi, sangat tidak baik. Kami meminta supaya masyarakat mengkonsumsi sirup atau jus alami (dari buah) dengan biji-bijian dari Andes (seperti cebada, tarwi, cañahua) seperti yang dilakukan sebelumnya di La Paz dan El Alto”, kata Camilo Morales.
Pernyataan tersebut dinyatakan Morales berhubungan dengan kenaikan harga sepihak atas minuman ringah tersebut. Semua jenis minuman bergas - coca-cola, fanta, sprite, fresca, Simba, Taí, Mineragua dan Agua Vita- menaikkan harga mereka pada akhir Januari lalu. Demikian juga minuman diet bergas.

Camilo Morales menyatakan bahwa mereka kaget dengan naiknya harga-harga minuman tersebut dan sampai sekarang mereka pemerintah belum mengambil keputusan atas kenaikan harga yang dibuat oleh perusahaan-perusahaan tersebut. Minggu depan mereka akan melakukan pertemuan untuk memperlihatkan apakah ada keputusan untuk perusahaan-perusahaan yang meningkatkan harga hasil produksi mereka. Pada tanggal 31 Januari lalu, Wakil Menteri Pertahanan Hak Pengguna dan Komsumen, Fernando Fuentes, menyatakan bahwa tidak ada alasan mengapa perusahaan-perusahaan tersebut manaikkan harga minuman mereka padahal bahan-bahan dasar pembuatan minuman tersebut tidak naik.

Sumber berita: http://www.americaeconomia.com/negocios-industrias/bolivia-recomienda-tomar-jugos-naturales-en-lugar-de-coca-cola

0 comments:

Post a Comment

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Sweet Tomatoes Printable Coupons