Wednesday 7 December 2011

SUKU MAYA (9): SUKU MAYA KUNO DAN KEHEBATANNYA

Sekarang ini, kebudayaan bangsa Maya dianggap sebagai salah satu peradaban paling maju dari masa pra-hispanik karena dalam kebudayaan Maya ditemukan serangkaian perkembangan yang mengejutkan. Masa jaya kebudayaan Maya kurang lebih selama tiga ribu tahun, dari tahun 2000 SM sampai 1521 M. Sejarah budaya Maya dibagi menjadi tiga periode: Praclassic, 2000 SM, 250 M.; Klasik (ketika mencapai puncaknya), 250 M sampai 900 M, dan Post-klasik dari tahun 900 M sampai 1521 ketika orang-orang Spanyol mulai menduduki Mexico. Beberapa pencapaian penting Bangsa Maya:

* arsitektur monumental yang mereka buat, baik di kota di mana mereka tinggal maupun di tempat-tempat upacara keagamaan.



* sebuah kerajaan yang dikontrol atau diperintah melalui jaringan antar kota dan antar negara bagian yang padat penduduknya.


* sebuah sistem kelas sosial yang teratur rapih dengan hak dan kewajibannya yang jelas.


* memiliki sistem tulisan hieroglif yang menggunakan kodeks (buku dari kulit) dan penggunaan kalender dengan perhitungan yang sangat akurat.


* memilki kebudayaan seni dan ilmu pengetahuan yang tinggi. Hal ini bisa dilihat dari budaya seni yang mereka miliki dan ilmu kedokteran yang mereka kembangkan.


* memiliki rute perdagangan yang besar. Rute perdagangan mereka mulai dari Mexico Tengah di utara menuju ke selatan sampai ke Panama.


* sebuah masyarakat yang kehidupannya didasarkan pada pertanian. Hasil pertanian paling utama adalah jagung. Di beberapa tempat ditemukan juga bahwa mereka mengenal sistem irigasi bagi pertanian mereka.


* agama mereka sangat rasional didasarkan pada peredaran kosmos dan alam. Bagi mereka para dewa harus dihormati supaya memberikan kehidupan kepada mereka. Misalnya dewa matahari, bulan, bintang, hujan dan jagung.



Selain sistem politik dan sosial yang mengagumkan, prestasi yang paling penting dari kebudayaan Maya adalah kalender Maya. Kalender Maya jauh lebih akurat daripada kalender Gregorian yang kita gunakan saat ini. Dalam kasus ilmu pasti yang mereka terapkan, mereka melihat pentingnya penemuan angka "nol" dalam sistem matematika. Dalam ilmu astronomi dan astrologi mereka sudah mengembangkan tabel yang menentukan pergerakan matahari, bulan dan bintang-bintang. Dalam bidang seni, orang-orang Maya sangat kreatif dan mampu membuat ukiran patung, lukisan dan keramik dalam bentuknya yang paling halus.Lukisan patung di dinding candi dan istana menyaingi lukisan zaman Yunani Kuno dan Roma. Cara membuat batu giok, keramik dan ukiran tulang polikrom yang ditemukan di berbagai tempat reruntuhan bangsa Maya memberikan kesaksian yang luar biasa akan keahlian mereka dalam ilmu kesenian.

0 comments:

Post a Comment

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Sweet Tomatoes Printable Coupons