Wednesday 30 November 2011

SUKU MAYA (6): WILAYAH DUNIA MAYA SEKARANG INI


Satu millennium lalu, orang-orang Maya menempa kebudayaan mereka, yang sampai saat ini dianggap salah satu kebudayaan paling penting dunia kuno. Dengan dorongan kreatifitas yang tinggi selama sekitar 600 tahun, orang-orang Maya mendirikan kota-kota besar, candi dan piramida, menciptakan jaringan besar perdagangan dan menempatkan kemajuan seni dan ilmu pengetahuan yang paling baik di depan orang-orang sezamannya. Kemudian, dengan alasan yang tidak diketahui, budaya ini mulai menurun, kota-kota besar mereka ditinggalkan dan penghuninya menghilang. Negara-negara sekarang yang dulunya menjadi dunia bangsa Maya adalah: Guatemala, Belice, Honduras dan lima negara bagian Meksiko Yucatan, Quintana Roo, Campeche, Chiapas dan Tabasco. Lima negara ini mencakupi apa yang kita kenal sebagai dunia bangsa Maya kuno, yang mencakup 500.000 km2

Bangsa Maya Kuno meninggalkan warisan yang megah. Melalui tempat dunia Maya Kuno, situs-situs arkeologis menunggu untuk diketahui dan kelompok-kelompok etnik Maya sekarang mereka sangat bangga dengan tradisi dan kepercayaan nenek moyang mereka. Warisan budaya Maya yang sangat besar dan megah itu, hanya bisa dilihat di wilayah ke lima negara tersebut dengan alamnya yang masih alamiah. Kelima negara tersebut membentuk apa yang disebut Proyek Dunia Maya. Yakni sebuah proyek pembangunan daerah yang melibatkan lima negara dalam upaya untuk meningkatkan standar hidup penduduk daerah melalui pariwisata. Proyek ini berusaha untuk mempromosikan dunia Maya Kuno sebagai tujuan wisata yang memiliki keragaman atraksi yang bisa dipersembahkan bagi para turis.


Pembangunan berkelanjutan, perlindungan lingkungan, restorasi situs arkeologi dan monumen kolonial, pelestarian budaya asli dan promosi ekowisata merupakan tujuan fundamental dari proyek ini. Program ini dimulai tahun 1988 ketika lima negara mengirimkan wakil mereka ke Pertemuan Regional Pertama, yang juga dihadiri oleh para pengamat dari organisasi internasional dan perusahaan konsultan dari Spanyol, yang diminta untuk mengembangkan strategi untuk sebuah pemasaran yang sukses dari proyek tersebut. Posisi koordinator proyek berpindah dari satu negara ke negara lain. Dana telah disediakan oleh pemerintah dan sektor swasta dari negara-negara yang terlibat, dan Masyarakat Ekonomi Eropa, yang pada awalnya menyumbang satu juta dolar.

0 comments:

Post a Comment

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Sweet Tomatoes Printable Coupons