Friday, 25 November 2011

SUKU MAYA (3): STRATIFIKASI SOSIAL SUKU MAYA KUNO


Suku Maya mengenal kelas-kelas sosial yang sangat tersusun dengan baik. Hirarki sosial yang paling tinggi adalah kasta para penguasa, yang merupakan wakil Tuhan di bumi, yang bisa memutuskan kapan untuk berperang atau berdamai. Para penguasa berhak dalam mengatur ikatan perdagangan dan perkawinan. Kasta penguasa ini biasanya dibantu oleh kasta para imam, bangsawan dan prajurit. Hanya para penguasa dan para imam yang berhak untuk melaksanakan upacara keagamaan di kuil-kuil ibadah mereka.


Kelompok sosial lainnya adalah kasta para arsitek, kasta pedagang, kasta pematung, kasta seniman, kasta petani, kasta pelayan dan kasta budak. Kasta para prajurit sangat penting saat mereka berperang tetapi dalam kehidupan sosial biasa kasta prajurit berada di bawah kasta para arsitek dan pedagan.

Sebagian besar orang Maya adalah petani. Para petani ini dipimpin oleh sekelompok kecil pemimpin. Mereka biasanya menanam jagung, kacang dan berbagai jenis sayur mayur. Ada bukti bahwa mereka melakukan sistema ladang berpindah, seperti yang dilakukan oleh suku Maya sampai sekarang ini. Mereka juga menggunakan irigasi di daerah-daerah kering, dan membuat tanggul dan teras di tanah yang miring. Makanan orang Maya dilengkapi dengan makanan dari hutan, misalnya ikan dari sungai, buah-buahan dan madu dari hutan.


Sistem perekonomian mereka bergantung pada perdagangan. Suku Maya mengenal perdagangan secara barter dengan menukar ikan, madu, kerang, giok, tembikar, garam, coklat, bulu atau kulit, batu api, kapas dll. Rute perdagangan mengikuti aliran sungai-sungai penting di wilayah mereka dan di pantai Teluk Mexico, Karibean dan Pasifik. Imperium perdagangan mereka tersebar dari Amerika Tengah sampai Mexico Tengah dan menurut beberapa ahli bahkan lebih jauh dari batas-batas yang bisa ditemukan sekarang ini.

0 comments:

Post a Comment

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Sweet Tomatoes Printable Coupons