Wednesday, 23 November 2011

MANTAN DIKTATOR PANAMA, MANUEL ANTONIO NORIEGA, AKAN DIEKSTRADISIKAN KE PANAMA

Setelah melalui proses panjang, akhirnya mantan Presiden Panama, Manuel Antonio Noriega akan dipulangkan ke Panama untuk memenuhi tuntutan pengadilan atas pembunuhan tiga lawan politiknya selama masa pemerintahannya tahun 1983-1989.

Perdana Menteri François Fillon telah menandatangani surat izin untuk memulangkan Noriega ke Panama dalam beberapa hari ke depan.

“Saya meminta untuk pulang ke Panama tanpa rasa benci ataupun balas dendam”, kata Noriega di depan pengadilan. “Tujuan saya adalah pulang dan menunjukkan bahwa saya tidak bersalah”, tambahnya dihadapan para hakim.

Mantan diktator Panama ini, ditahan di Prancis karena keterlibatannya dalam kejahatan pencucian uang narkotrafik. Pengadilan Prancis memutuskan hari Rabu ini untuk menerima permintaannya untuk dipulangkan ke negaranya di Amerika Tengah, yang juga telah mendapat persetujuan Amerika Serikat.

Berdasarkan apa yang dikatakan oleh pengacaranya, Antonin Levy, Noriega menerima untuk “diekstradisikan”, karena dia menolak untuk naik banding. Di Prancis dia ditahan selama 7 tahun dalam penjara, walaupun bulan September lalu dia sudah menjalani tahanan luar karena sudah menjalankan setengah masa tahanan. Sebelumnya dia ditahan di Miami Amerika Serikat karena kejahatan narkotrafik selama 21 tahun.

Sekarang ini dia harus menjalani masa tahanan kembali, sebelum diekstradisikan ke Panama. Diharapkan bahwa dia akan tiba di Panama sebelum Pesta Natal, kata Julio Berríos, anggota pengacara Noriega.

Sementara di Panama, Noriega sudah menghadapi tuntutan penjara selama 20 tahun dari masing-masing 3 lawan politik yang dibunuhnya selama masa pemerintahannya dulu. Pengadilan itu dilakukan tanpa kehadiran dirinya. Beberapa hari sebelumnya, Presiden Panama, Ricardo Martinelli, mengatakan bahwa setelah diekstradisi, Noriega tidak diragukan lagi akan masuk penjara.


Sumber: http://america.infobae.com/notas/38606-Francia-extraditara-al-ex-dictador-Noriega-a-Panama

0 comments:

Post a Comment

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Sweet Tomatoes Printable Coupons